Sunday, February 5, 2012

Seminar Pendidikan Musik di Tegal

Dewan Kesenian Kota Tegal 
Mengadakan Seminar Pendidikan Musik


Dewan Kesenian Kota Tegal bekerjasama dengan Dinas Pendidikan Kota Tegal, akan mengadakan seminar pendidikan musik pada: Sabtu 4 Februari 2012 di Gedung Kesenian Kota Tegal. Seminar dijadwalkan akan berlangsung mulai pukul 09.00 – 11.00 WIB. Seminar ini sempat mengalami penundaan akibat adanya beberapa kendala teknis. 

Seminar yang mengambil tema "Aktualisasi Pendidikan Musik". Menghadirkan pembicara dari Jakarta, Jelia Megawati Heru, M.Mus.Edu. Seorang music educator dan pianis alumnus Jerman. Ia juga seorang penyusun buku teori musik umum dan metode didaktik bermain piano yang diterbitkan Kementrian Pendidikan Nasional. Dalam kiprahnya, Jelia Megawati Heru memberikan pendidikan musik diberbagai siswa dengan beraneka budaya, baik Eropa maupun Timur Tengah. Kiprah dalam bidang pendidikan musik lebih nyata dengan membentuk kelompok ensemble piano The Golden Fingers yang pada saat pementasan di pusat kebudayaan Italia di Jakarta, memperoleh sukses. 

sumber: Koran Radar Tegal

Tujuan seminar adalah mengaktualisasikan pendidikan musik. Terutama bagi guru kesenian khususnya seni musik di sekolah umum. Agar para guru setidaknya memperoleh gambaran dan termotivasi dalam pendidikan musik yang baik dan mengarah pada konsep Music From Passion. Seminar terbuka untuk umum dengan sertifikat dari Dewan Kesenian Kota Tegal dan Dinas Pendidikan Kota Tegal. 

Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal, Nurngudiono, mengatakan seminar ini adalah bentuk kepedulian DKT dalam masalah pendidikan seni di jalur formal. Dan merupakan sebuah terobosan yang mendahului kota-kota besar di Indonesia.