Tuesday, December 1, 2020

UJIAN MUSIK ONLINE - by: Jelia Megawati Heru | Staccato, December 2020

“UJIAN MUSIK ONLINE”
by: Jelia Megawati Heru
Staccato, Desember 2020


Tahun 2020 adalah tahun yang sangat berat bagi semua orang. Penyebaran COVID-19 yang luar biasa dan cepat telah menghantam dunia dan semua aspek kehidupan. Kesejahteraan mental dan pendidikan pun tidak luput dari efek COVID-19. Untuk memutuskan rantai penularan, social distancing diberlakukan dan anak-anak harus belajar di rumah saja secara online. Pendidikan musik yang tadinya dilakukan dengan tatap muka (face-to-face) pun berubah menjadi daring (online). 

 

UJIAN MUSIK ONLINE

Lalu bagaimana dengan ujian musik di masa pandemi? Apakah ujian musik bisa dilakukan secara online? Ya! Online Music Exams (OME) yang berbasis di Inggris telah mengembangkan cara yang unik dan revolusioner untuk memecahkan kesulitan dalam mengambil ujian dalam situasi saat ini; yang akan tetap relevan lama bahkan setelah COVID-19 berlalu, yaitu dengan menawarkan kesempatan untuk mengambil ujian terakreditasi (hingga grade 8 atau setara diploma level 3) melalui platform UJIAN MUSIK ONLINE.



Platform ujian musik online ini memungkinkan siswa untuk melakukan ujian berjenjang melalui video exam dan bahkan secara interaktif melalui live video streaming dengan sistem teknis acak dan teori musik secara real time – kapan saja dan dimana saja, dengan review dari penguji yang meninjau hasil ujian. Sistem ujian musik online ini terbilang lebih terjangkau dibandingkan dengan ujian tradisional pada umumnya dan ramah lingkungan.                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                      


Anda tidak perlu bepergian ke tempat publik, social distancing friendly, dan mengurangi demam panggung, kecemasan, dan tingkat stress, karena ujian dilakukan di zona nyaman Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah merekam video pada waktu dan tempat yang sesuai dan convenient menurut Anda, lalu mengunggah video tsb ke website yang telah ditentukan. 

 


KELEBIHAN UJIAN MUSIK ONLINE

Ujian musik online memiliki segudang manfaat positif dibandingkan dengan ujian tradisional face-to-face, a.l.

 

AMAN & PRIBADI

Kelebihan ujian musik online yang paling utama adalah aman dari COVID-19. Anda tetap dapat terus berkembang tanpa rasa was-was berada dalam ruang publik dan tanpa risiko terpapar virus. Social distancing friendly dan ramah lingkungan. Dengan akun pengguna yang sifatnya personal, rekaman ujian dapat disembunyikan dari tampilan publik dan detail pengguna tetap bersifat pribadi.



PENGALAMAN POSITIF & KUALIFIKASI INTERNASIONAL

Ujian musik online memberikan kesempatan yang terbaik bagi siswa untuk meraih sukses pada ujian dengan kualifikasi internasional. Ujian ini memungkinkan mereka untuk menampilkan sisi terbaik dan karya terbaiknya di lingkungan mereka sendiri, dengan supervisi para pakar musik. Pengalaman ini dapat membuat harga diri dan kepercayaan diri mereka naik. Di era digital seperti ini, presentasi online estetis seperti ini merupakan keterampilan yang penting bagi setiap musisi.



FLEKSIBEL 

Anda dapat memilih tanggal dan waktu Anda sendiri yang memungkinkan siswa untuk mendaftar hanya ketika mereka benar-benar siap 24/7. Ini benar-benar dapat membantu meningkatkan hasil siswa dibandingkan dengan menetapkan tanggal penutupan dan waktu ujian (No booking & reservation). Lakukan dan rekam ujian dari rumah, sekolah, di atas panggung, atau di manapun siswa merasa paling nyaman. Hal ini dapat mengurangi demam panggung siswa.

 

Alternatif pemilihan repertoar yang luas juga merupakan nilai tambah dari ujian musik online, dimana aplikan dapat bebas memilih repertoar yang mereka suka, sesuai dengan jenjang yang ditempuh dan kebutuhan spesifik setiap siswa. Pengambilan video pun dapat dilakukan berulang kali hingga siswa yakin dengan performa terbaik mereka.

 

Hal ini dapat menciptakan lingkungan yang akrab bagi musisi muda untuk membantu mereka bermain sebaik mungkin. Seiring pertumbuhan kepercayaan diri dan berkembang sebagai musisi yang baik, nantinya mereka dapat tampil dalam panggung yang lebih besar. 


 

PENILAIAN HASIL UJIAN

Penilaian hasil ujian diberikan secara tertulis (pdf) dan lisan dalam bentuk video komentar dari penguji. Sertifikat yang asli akan dikirimkan beberapa minggu kemudian. Ini adalah kombinasi yang sangat baik, sehingga pesan yang disampaikan terasa lebih personal.

 

ASPEK PENILAIAN

Hanya karena ujian musik online, bukan berarti standard dan kualitas ujian menjadi turun. Standard dan kualitas tetap terjaga. Aspek penilaian meliputi tingkat akurasi, ketelitian (detail), kelancaran, kontrol elemen-elemen musik (melodi, harmoni, intonasi, artikulasi, rhythm, dinamika, dan tempo), teknik penguasaan instrument, tidak akurasi tingkat ketelitian dan realisasi dalam menafsirkan notasi (pemahaman musik, gaya, karakter, ekspresi, intepretasi, dan musikalitas). Pada beberapa lagu yang menggunakan backing track/minus one, performa peserta juga diharapkan agar bersinergi dan tersinkronisasi dengan baik.

 


KENDALA UJIAN MUSIK ONLINE

Walau memiliki banyak manfaat positif, sayangnya ujian musik online juga memiliki banyak kendala teknis. Mulai dari koneksi internet yang tidak stabil dalam proses pengunduhan video, hingga pembuatan video itu sendiri. Beberapa examination board mempunyai segudang persyaratan dalam prosedur ujian yang terbilang sangat kompleks. Cukup kompleks untuk membuat kepala pusing tujuh keliling, sehingga tidak memungkinkan anak berumur tujuh tahun untuk mengikuti sebuah ujian musik teori online. 

 

Tanggung jawab guru musik menjadi sangat berat selama masa pandemi ini, karena mau tidak mau guru musik harus up-to-date dan menjadi seorang IT. Bagi kandidat yang di daerah, koneksi internet dan kualitas video dengan gambar dan audio yang baik juga menjadi problem yang sangat pelik. 


 

UJIAN MUSIK OFFLINE (FACE-TO-FACE)

Walau ujian musik online menawarkan segudang manfaat yang positif dan alternatif bagi kelangsungan kegiatan belajar dan perkembangan anak dalam bidang musik selama masa pandemi ini, kalau boleh jujur dan memilih, ujian musik offline lebih banyak memiliki manfaat bagi peserta dan tidak membuat guru musik berjuang dengan segudang kendala teknis. 

 

Namun perlu dipahami, bahwa kondisi ini merupakan kondisi yang genting, darurat. Dimana keamanan kandidat, pengiring, penguji dan pengurus adalah yang hal terpenting. Tetap sehat dan aman adalah prioritas utama.

 


Beberapa examination board yang menjadwalkan ujian musik secara offline harus menerapkan aturan kesehatan dan keselamatan yang ketat sejalan dengan pedoman pemerintah dan kesehatan masyarakat. Aturan ini berlaku untuk semua orang yang terlibat dalam ujian di tempat umum, seperti: keterbatasan tempat parkir, batasan jumlah pengunjung dan waktu tunggu, penggunaan masker, APD, penggunaan hand sanitizer, pengecekan suhu, dan social distancing dalam ruang ujian.

 

Saat tanggal ujian semakin dekat, peraturan pemerintah dan kesehatan masyarakat dapat berubah dalam waktu singkat dan berdampak pada perubahan tanggal ujian, tempat ujian, dan keterbatasan untuk menjalankan ujian tatap muka langsung. Paling tidak hingga situasi kondusif dan vaksin sudah ditemukan. Sampai saat itu tiba tampaknya ujian musik online masih menjadi pilihan yang lebih “aman”.