Friday, May 1, 2020

MENGAJAR KELAS MUSIK ONLINE | by: Jelia Megawati Heru | Staccato, May 2020

“MENGAJAR KELAS MUSIK ONLINE”
by: Jelia Megawati Heru
Staccato, May 2020



“MENDADAK” ONLINE
Efek pandemi covid-19 yang serius dan global mengharuskan semua pihak untuk membatasi interaksi fisik dan menghindari keramaian di tempat publik (social distancing), demi menghindari kemungkinan penyebaran dan paparan virus. Sekolah ditutup, pelajaran terpaksa ditunda, dan bahkan banyak murid yang berhenti dari kelas musiknya. Hal ini membuat para praktisi pendidikan khawatir, bagaimana mereka bisa bertahan hidup? 

Satu-satunya cara adalah dengan mengubah kelas musik dari format tatap muka one-to-one maupun group lesson menjadi kelas berbasis online, setidaknya untuk sementara. Kita mungkin tidak dapat bertemu secara real-time, namun tidak ada alasan untuk berhenti dari pelajaran musik. Justru di masa-masa isolasi seperti ini, ada baiknya anak tetap beraktivitas dan berlatih di rumah. Pada artikel kali ini akan dibagikan beberapa kiat dan saran bagaimana melakukan kelas musik berbasis online.


Sebetulnya pelajaran musik online, bukanlah melakukan suatu hal yang baru. Kelas musik online sudah dilakukan sejak lama, untuk studi jarak jauh (long distance) di universitas, misalnya, atau kelas piano otodidak, dan pelajaran tambahan khusus. Ada kemudahan dan aksesibilitas yang tidak terbantahkan dari sebuah kelas online – fleksibel, di belahan dunia manapun (pada kasus ini di rumah masing-masing), dan dapat dilakukan kapan saja sesuai perjanjian, bahkan mungkin Anda dapat melakukan kelas online dalam baru bangun tidur dan piyama Anda (walau tidak disarankan!). Itulah gambaran bagaimana sebuah kelas online mengubah cara pandang tentang belajar musik.


PERBEDAAN KELAS MUSIK ONLINE
Perbedaan yang mendasar dalam kelas musik online adalah dalam hal KOMUNIKASI. Dalam sebuah kelas musik real-time, guru dan murid memiliki interaksi sosial yang jelas. Misalnya: kontak mata, kedekatan fisik, perbaikan postur tubuh, fingering dapat dilakukan secara langsung. Begitu juga dengan detail dari dinamika, permainan duet, menuliskan tanda pada partitur musik, dapat dilakukan dengan leluasa. 

Sedangkan pada kelas musik online, Anda tidak dapat menangkap interaksi ini dengan jelas, sehingga banyak pihak yang baru pertama kali melakukan ini akan kebingungan dan mengalami kendala dalam prosesnya. Namun hal-hal seperti dapat dengan mudah ditangani melalui komunikasi sederhana, berupa arahan/instruksi dan pertanyaan-pertanyaan pendek dan sesederhana mungkin, agar kelas menjadi lebih efektif dan mudah dipahami.

Jika Anda baru mengajar online, Anda mungkin akan terkejut dengan kualitas suara yang akan Anda dengar ketika Anda mendengar siswa bermain piano. Penting untuk menyesuaikan harapan Anda dan mengetahui bahwa kualitas suara akan dibatasi oleh peralatan Anda, peralatan siswa Anda, dan kualitas koneksi internet Anda. Ketika hal ini terjadi, fokuskan diri Anda pada kualitas instruksi piano dan interaksi pribadi dengan siswa.


DAFTAR PENDEK PERSIAPAN KELAS MUSIK ONLINE

1. GADGET
Anda bisa menggunakan komputer/laptop/tablet yang mempunyai kamera bawaan atau webcam, atau handphone. Secara umum penggunaan komputer/laptop/tablet lebih disarankan dibandingkan dengan handphone. Karena layar yang lebih besar, stabil, dan dapat terhubung dengan power supply. Siapkan tripod sebagai peralatan opsional, apabila Anda menggunakan handphone dan gunakan speaker untuk kualitas audio yang lebih baik. Jangan lupa untuk mengisi baterai handphone sebelumnya.

2. KONEKSI INTERNET
Anda memerlukan koneksi internet yang layak dan baik. Cek sinyal koneksi internet Anda, apabila sinyal lemah, gunakanlah penguat sinyal.

3. MATERI/BUKU
Idealnya, Anda akan memiliki salinan referensi materi/buku murid – mulai dari teori musik, tangganada, MP3, exam pieces, dll di depan Anda pada saat kelas berlangsung. Materi ini dapat berupa buku, maupun bentuk digital (scan atau pdf) di iPad/tablet Anda. Jika Anda tidak memiliki karya tertentu, Anda dapat meminta murid untuk mengirimkan foto dari halaman buku musik sebelum pelajaran dimulai. 

4. APLIKASI/VIDEO SHARING PLATFORM
Pilih aplikasi atau media yang akan digunakan dalam mengajar online, seperti: zoom, video call, google hangout, skype, facetime, facebook messenger, dll.

5. JURNAL
Tulislah tugas-tugas murid dalam sebuah agenda/jurnal dan list what-to-do, sehingga Anda mengetahui progress masing-masing murid dan perencanaan apa yang harus Anda lakukan setiap minggunya. Jika Anda biasanya menulis tugas siswa pada buku siswa, Anda mungkin perlu meminta siswa (atau orang tua) untuk menuliskannya pada buku agenda siswa. Anda juga bisa menuliskan tugas tsb lewat WhatsApp/WA/email.


TIPS UNTUK MELAKUKAN PELAJARAN MUSIK ONLINE

1. SIMPLE & MINIMALIS
Anda tidak perlu membeli atau memiliki semua gadget yang ada atau mendadak menjadi videographer professional. Apalagi kalau Anda belum pernah mengajar online sebelumnya.Tenang saja, Anda tidak perlu panik. Anda mempunyai semua hal yang Anda butuhkan. Apabila Anda tidak mempunyai tripod, Anda tinggal meletakkan handphone Anda di samping piano atau meja khusus dan menekan “FLIP”.

2. SETTING RUANGAN
Pastikan ruangan memiliki cukup pencahayaan dan posisi Anda tidak berada membelakangi cahaya. Jika ruangan gelap, gunakan lampu tambahan. Pastikan juga posisi kamera agar Anda mendapatkan sudut view yang baik, dimana jari-jari dan posisi tangan Anda terlihat dengan baik. Jika Anda sudah terbiasa dengan kelas musik online, Anda mulai bisa menginvestasikan waktu dan energi untuk setup dan gadget yang lebih kompleks.

3. TEST DRIVE
Cobalah untuk mengetes video sharing dengan aplikasi yang Anda pilih dengan mengundang siswa atau teman ke kelas trial. Pelajarilah fitur-fitur yang tersedia dalam aplikasi pelajaran berbasis online tsb, sehingga Anda merasa nyaman dalam menggunakannya. Anda bisa membaca tutorial nya dan tips-tips nya. 


MENYESUAIKAN DIRI KE FORMAT ONLINE
Tidak semua kegiatan yang biasa Anda gunakan selama pelajaran langsung akan bekerja dalam format online. Misalnya, Anda akan mengalami sejumlah latensi dalam koneksi internet Anda. Jadi jangan berencana untuk bermain duet bersama siswa Anda. Anda dapat meminta siswa untuk mengirimi Anda foto tugas teori mereka yang telah selesai sebelum pelajaran dimulai. 

Dan, tentu saja, Anda tentu dapat merencanakan untuk mendengarkan repertoar siswa, memberikan umpan balik seperti biasa dengan meminta murid untuk mengirimkan video latihan mereka dan memberikan kritik yang membangun, serta memotivasi murid Anda!

Mengajar melalui internet membutuhkan beberapa penyesuaian jika Anda terbiasa dengan pelajaran musik yang konvensional. Ini bukan berarti bahwa pelajaran online mempunyai “nilai yang lebih rendah” daripada kelas musik pada umumnya. 

Ini justru merupakan pembelajaran yang baik bagi Anda sebagai guru musik yang dituntut mau tidak mau untuk meng-upgrade kemampuan Anda dalam waktu yang singkat. Anda mungkin akan merasa tertantang dan tidak nyaman pada awalnya, tetapi Anda akan segera menyesuaikan diri dengan format online, jika Anda terus melakukannya! Karena pada hakikatnya kita adalah seorang penyintas - A SURVIVOR. Happy teaching!