Sunday, November 1, 2020

BERLATIH DI MASA COVID-19 | by: Jelia Megawati Heru | Staccato, November 2020

“BERLATIH DI MASA COVID-19”
by: Jelia Megawati Heru
Staccato, November 2020


WHY BOTHER PRACTICE?

Orang mungkin bertanya-tanya, di masa krisis, atau virus corona, mengapa kita repot-repot berlatih? Apalagi bagi para profesional dengan konser, pertunjukan, dan proyek yang dibatalkan. Bagi musisi maupun atlet, profesi ini lebih dari sekedar hobby atau menghabiskan waktu. Profesi ini merupakan bagian dari pekerjaan, tetapi juga merupakan passion dan nafas yang membuat kita berdetak setiap saat.

 

HOBBY VS PASSION

Ada perbedaan yang besar antara hobby dan passionHobby sifatnya hanya sementara dan berubah-ubah sesuai dengan suasana hati (mood). Sedangkan jika passion, sifatnya lebih untuk jangka panjang, tidak lekang oleh waktu, suka maupun duka, tidak butuh timing/moment yang tepat. 

 

Passion adalah gairah, hasrat, antusiasme yang kuat yang membuat Anda mampu melakukan hal-hal yang menakjubkan. Passion adalah bahan bakar. Asalnya bisa berasal dari minat/ketertarikan, kegembiraan, emosi yang kuat, atau kekaguman akan ide, tujuan, aktivitas tertentu. Gairah dapat mendorong Anda melewati masa-masa sulit, karena Anda tidak peduli apa yang diperlukan untuk menjadi lebih baik. 



Jika Anda benar-benar menyukai sesuatu, Anda merasa Anda harus memulainya sekarang. Ini tidak berarti Anda harus berhenti dari pekerjaan Anda dan melakukannya secara penuh. Ini tidak berarti Anda harus mengabaikan keluarga dan tanggung jawab Anda, dan tidak berarti Anda harus menjadi ahli dalam semalam. Tetapi jika Anda benar-benar bersemangat, Anda perlu menyisihkan waktu reguler untuk melakukan apa yang Anda sukai.

 

Kunci dalam mengikuti hasrat Anda adalah konsistensi. Anda perlu memutuskan bahwa Anda akan mengambil tindakan, dan kemudian mengambil langkah kecil ke depan secara teratur untuk diri sendiri, dengan tujuan untuk mengasah keterampilan dan pengetahuan. Anda tidak perlu membeli grand piano, baru mau berlatih 3 jam per hari. You just do it.



MAKNA DAN MANFAAT POSITIF LATIHAN

Berlatih memiliki arti yang lebih mendalam dari sekedar olahraga jari maupun kinerja motorik belaka. Ibarat yoga atau meditasi, yang memiliki arti personal bagi diri Anda sendiri. Anda menikmati setiap momen nya, mencintai apa yang Anda lakukan, dan mendedikasikan diri Anda, bekerja keras secara terus-menerus tanpa lelah untuk menjadi lebih baik. Tidak ada satu hal pun yang akan mengubahnya, bahkan COVID-19 sekalipun. 



Berlatih membuat hidup Anda memiliki tujuan yang lebih besar. Berlatih piano membuat Anda bangun dari tempat tidur Anda, duduk di bangku piano, dan membuat Anda bersemangat untuk menjadi pianis yang lebih baik daripada kemarin. Kedua, latihan membuat kita merasakan kemajuan dalam hidup – apresiasi dan pengakuan pencapaian. Hal ini sangat penting untuk kesejahteraan emosional dan spiritual kita.

 

Terakhir, berlatih dapat memberikan kita perspektif yang berbeda – dari kondisi kita yang sekarang ke mode introspektif, energized, rileks, atau bahkan ektase – saking sublimnya. Anda hanya menikmati dan fokus pada musik yang ada. Memiliki rutinitas berlatih memungkinkan kita untuk melepaskan diri dari kesibukan kita sehari-hari, menyalurkan energi negatif, mengakses pikiran terdalam dan kapasitas optimal kita. Dimana Anda bisa menjadi diri sendiri – just me and my piano. Piano, saksi bisu kisah hidup Anda, sang pelipur lara di kala duka nestapa. Semua manfaat positif ini akan membantu Anda - how to cope with the stress and crisis.

 

TIPS BERLATIH DI MASA COVID-19


1. STAY POSITIVE & MOTIVATED

Manfaatkan situasi yang ada sebaik-baiknya. Ubah segala keterbatasan yang Anda hadapi, baik instrumen maupun ruang, menjadi kesempatan belajar dengan cara yang berbeda. Anggap perubahan ini sebagai suatu tantangan. Ingat alasan Anda mengapa Anda bermain piano dan hal-hal yang membuat mereka cinta piano! 

 

Tentukan tujuan Anda berlatih, seperti: konser virtual, merekam video YouTube, atau video exam. Proyek yang kreatif, menyenangkan, dan menarik, dapat membuat Anda terinspirasi dan termotivasi. Tujuan jangka pendek ini akan membuat Anda tetap bertanggung jawab, berada dalam jalurnya (arah yang jelas), dan konsisten fokus untuk tetap berlatih. 

 


2. LEARN NEW THINGS & IMPROVE YOURSELF

Gali lebih dalam studi form analysis, ear training/aural test, dan mental training, atau bahkan sight readingBe flexible with your repertoire. Variation, variation, variation! Ini adalah saat yang tepat untuk mempelajari lagu baru dan menikmati musik-musik baru. Hal ini juga baik untuk mengasah kemampuan sight reading Anda. Bergabunglah dalam webinar masterclass online dan seminar musik. Get inspired! You might learn a thing or two!

 

Temukanlah alternatif dan trik-trik belajar, berlatih, dan mengajar yang inovatif dan menginspirasi murid dari jauh. Pelajaran online membuat para pendidik memutar otak, bereksplorasi untuk mencari alternatif, bagaimana menyebarkan informasi dengan cara yang  paling cepat dan efisien. 

 


3. ON SCHEDULE & BE DISCIPLINE

Tetapkan jadwal harian untuk berlatih (dan istirahat), dan disiplinkan diri Anda untuk berlatih sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.



4. RECORD YOURSELF

Rekam latihan Anda sesering mungkin. Kirim klip pendek dari bagian yang rumit kepada guru atau buatlah video tutorial untuk murid Anda.



5. CELEBRATE THE SMALL SUCCESS

Rayakan kesuksesan dan pencapaian ‘kecil’ Anda pada hari ini. Berbanggalah karena Anda sudah berlatih hari ini dan bisa memainkan satu halaman lagu yang super sulit. Terhubunglah dengan murid Anda dan rayakan pencapaian mereka – meskipun secara virtual.

 


6. STAY CONNECTED

Jauh di mata, dekat di hati. Walau #stayathome dan #workfromhome, bukan berarti Anda tidak bisa tetap berhubungan dengan dunia luar. Bila memungkinkan, tetaplah terhubung dengan orang-orang yang Anda sayangi. Begitu juga dengan hubungan antara guru – murid – orang tua. Communication is the key. Pelajaran online bukan berarti Anda tidak bisa berkomunikasi diluar Zoom dan Google Meet

 


PENUTUP

Satu hal yang menarik dari musik adalah proses belajarnya yang tidak pernah berakhir. Tidak peduli apakah Anda seorang musisi profesional, murid yang baru belajar, maupun seorang profesor yang mempunyai pengalaman mengajar lebih dari 30 tahun. Selalu ada ruang untuk bereksplorasi, belajar, dan berkembang. 

 

Krisis mengajarkan kita pentingnya untuk menjadi lebih fleksibel, beradaptasi terhadap perubahan yang berada di luar kendali kita, dan untuk menjadi optimis. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat memotivasi Anda dalam melewati krisis. This too shall pass. Badai pasti berlalu. Sampai saat itu, tetap tenang, sehat, dan teruslah berlatih! Semoga musik bisa menjadi pendamping yang setia dan membahagiakan untuk Anda! Stay safe and healthy!