Friday, June 26, 2020

TOOLS MENGAJAR MUSIK ONLINE | Surviving Covid-19, Part 2 | by: Jelia Megawati Heru | Staccato, July 2020

TOOLS MENGAJAR MUSIK ONLINE 
DI MASA COVID-19

(SURVIVING COVID-19 | Part 2)
by: Jelia Megawati Heru
Staccato, July 2020


Mengajar musik online itu lebih melelahkan dan menguras energi daripada mengajar dengan sesi tatap muka pada kelas musik yang biasa. Guru musik harus berbicara lebih banyak, menjelaskan lebih rinci, dan memberikan instruksi yang jelas dalam posisi duduk yang sama di depan perangkat elektronik untuk waktu yang lama. 

Ide mengajar hanya dengan sebuah layar bagi banyak anak usia dini dan mengharapkan mereka untuk duduk manis dan dapat berkonsentrasi selama 45 menit, tampaknya terkesan mengada-ada. Namun untuk saat ini kelas online merupakan satu-satunya solusi agar kelas musik dapat terlaksana. Oleh karena itu ada baiknya guru musik mengetahui tools dan setup sederhana dalam mengajar musik online.

Visinya adalah bagaimana membuat musik agar tetap hidup. Dunia harus tetap memiliki musik. Ini penting supaya suatu saat jika dunia sudah pulih, musik tidak musnah dan bisa survive. Oleh karena itu penting bagi guru musik untuk mempertahankan muridnya agar tetap memiliki motivasi untuk berlatih dan bermain musik.


RAGAM SESI KELAS ONLINE
1. LANGSUNG (INTERAKTIF)
Sesi belajar langsung (real time) melalui aplikasi online sinkron via platform Zoom, Skype, FaceTime, Video Call, dan Google Meet (live)Instruksi yang diberikan guru musik harus simple dan jelas. Hindari penjelasan yang panjang dan bertele-tele. Murid juga dituntut untuk lebih aktif, apabila tidak memahami instruksi yang diberikan dan juga melakukan konfirmasi, apabila sudah memahami instruksi. 



2. PORTFOLIO DIGITAL
Rangkaian tugas mingguan yang harus dikerjakan di rumah, misalnya: mendengarkan video youtube, siswa mendokumentasikan hasil latihan musik mereka dalam bentuk video atau rekaman audio, dan meminta mereka untuk menyerahkan pekerjaan mereka melalui google drive. Guru akan memberikan komentar/tanggapan/tips dalam format tertulis dan/atau video. 

3. PRA LESSON 
Pelajaran yang dilakukan sebelum kelas virtual dilakukan. Materinya dapat berupa lembar kerja tertulis (music theory), video peraga/demonstrasi lagu baru/cara bermain yang disertai dengan pengantar singkat/instruksi oleh guru musik (tidak perlu mewah, cukup dengan HP juga ok), flashcards, dan rhythm games. Aplikasi yang digunakan bisa berupa google classroom. Jelajahi sebanyak mungkin alternatif yang kreatif, namun sederhana dan relatif mudah bagi murid – yang memungkinkan murid untuk dapat melakukannya secara mandiri, tanpa bantuan orang tua.

4. KOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA
Dalam masa transisi seperti ini, komunikasi yang efektif dengan orang tua dan siswa adalah kuncinya. Berdiskusilah dengan orang tua dan siswa melalui telepon atau aplikasi pesan (SMS/WhatsApp) mengenai kebijakan piano studio/sekolah musik Anda. Setelah pelajaran online komunikasikanlah kemajuan anak mereka. 

Usahakan untuk membuat kelas online semudah mungkin bagi orang tua. Gunakanlah teknologi yang dipahami dan sering dipakai oleh orang tua. Menjadwalkan beberapa pesan di awal sebelum pelajaran mereka dapat membuat semuanya berjalan jauh lebih lancar, misalnya: menginformasikan jadwal zoom berikutnya, meeting ID, dan password.

SETUP MENGAJAR ONLINE
Disinilah stress mulai menyerang guru musik. Let’s keep it simple, shall we?
Anda memiliki dua keputusan yang harus diambil dalam hal teknologi: Aplikasi/perangkat lunak apa yang akan Anda gunakan dan perangkat apa yang akan Anda gunakan?



1. Memilih Aplikasi Untuk Pelajaran Online
Pilihan aplikasi teratas untuk panggilan video adalah, sbb: Zoom, FacetimeGoogle (Hangout) Meet. Tidak ada pilihan yang sempurna. Masing-masing memiliki pro dan kontra dan sifatnya situasional untuk setiap siswa dan rentan terhadap koneksi internet pada kedua belah pihak.

Zoom mungkin adalah pilihan sebagian besar guru yang mengajar online penuh waktu, karena dirasa lumayan stabil. Google Meet memungkinkan Anda berbagi layar dengan orang lain di panggilan video, tetapi ini terbatas untuk satu orang sekaligus. Zoom, di sisi lain, memungkinkan banyak orang dalam meeting untuk membagikan layar mereka sekaligus.

Kelebihan Zoom:
  • Gratis untuk panggilan hingga 40 menit
  • Paling stabil dan dapat diandalkan
  • Dapat mengatur tautan terpisah, sehingga siswa Anda dapat datang lebih awal dan bersiap tanpa mengganggu pelajaran Anda sebelumnya
  • Kompatible hampir untuk segala jenis perangkat dan IOS 
Kontra Zoom:
  • Perlu rencana pembayaran untuk pelajaran dalam grup yang besar untuk waktu lebih dari 40 menit
  • Perlu mengunduh aplikasi

2. Memilih Perangkat Untuk Pelajaran Piano Online
Sekarang setelah Anda memilih aplikasi, saatnya memutuskan apa yang akan Anda jalankan. Anda pada dasarnya memiliki 4 opsi di sini: telepon, tablet, laptop, dan desktop. Tolong jangan beli iPad baru hanya demi kelas online! Pilih opsi terbaik untuk Anda! Gunakan perangkat yang sudah Anda miliki!


Pelajaran Online di Ponsel 
Keuntungan menggunakan ponsel Anda adalah praktis dan mudah untuk diposisikan dimanapun. Namun ukuran layar yang kecil pada ponsel cenderung membuat frustasi. Anda akan ingin dapat melihat siswa Anda untuk memberikan umpan balik dan saran yang akurat selama pelajaran. Jadi semakin besar layarnya semakin baik.



Pelajaran Online Di iPad Atau Tablet 
Ini bisa menjadi pilihan yang baik, terutama jika Anda sudah memiliki dudukan untuk tablet atau iPad yang membuatnya mudah untuk menempatkannya di samping piano Anda di mana Anda dapat melihat siswa Anda dan mereka dapat melihat Anda.


Pelajaran Online Di Komputer Laptop 
Tergantung pada bagaimana studio Anda diatur, laptop seringkali paling mudah untuk posisi pada sudut yang baik, karena layar dapat dimiringkan. Raih sebuah meja kecil atau tumpukan buku yang sangat besar! Anda memiliki pilihan untuk menggunakan mic USB dan/atau kamera tambahan, jika Anda ingin meningkatkan pengalaman pelajaran lebih lanjut.



Pelajaran Online Di Komputer Desktop 
Komputer desktop jelas lebih sulit untuk dipindahkan, tetapi jika Anda memilikinya di studio Anda, Anda dapat mempertimbangkan menggunakannya untuk pelajaran online Anda. sehingga siswa dapat melihat wajah dan instrumen. Gunakan headphone jika memungkinkan, untuk meningkatkan kejernihan audio.


PENGATURAN PADA SISWA
Anda perlu memberi siswa Anda beberapa saran tentang teknologi mereka untuk membuat pelajaran Anda berjalan semulus mungkin. Pilih perangkat dengan layar terbesar, jika memungkinkan. Pastikan aplikasi berfungsi pada perangkat ini. Unduh dan buka sebelum waktu pelajaran untuk memastikan itu berfungsi dengan baik. Dengan meminimalisir gangguan dalam proses belajar, guru musik dapat membantu murid untuk tetap termotivasi dan mempertahankan momentum. Sementara di sisi yang lain, guru musik tetap dapat mencari nafkah. 

READ MORE: