Saturday, August 1, 2020

Berkomunikasi dengan Orang Tua Murid di Masa COVID-19 | by: Jelia Megawati Heru | Staccato, August 2020

BERKOMUNIKASI DENGAN ORANG TUA MURID DI MASA COVID-19

by: Jelia Megawati Heru

Staccato, August 2020


Di masa pandemi Covid-19, sekolah dan tempat-tempat umum harus ditutup hingga batas waktu yang tidak bisa ditentukan. Dunia pendidikan tidak mempunyai pilihan lain selain menempuh jalur online, demi kesehatan dan kesejahteraan bersama. Salah satu hal penting dalam pelajaran online adalah sosialisasi ke orang tua murid. Mempertahankan jalur komunikasi terbuka sangatlah krusial bagi kelangsungan pelajaran musik online. 


Di tengah ketidakpastian dan perubahan yang terjadi, sekolah musik harus bisa meyakinkan orang tua murid mengapa mereka tetap harus melanjutkan pelajaran musik online, apa gunanya, dan manfaat apa yang bisa didapatkan pelajaran musik online dibandingkan dengan tatap muka (in-person), opsi apa saja yang ditawarkan, apa yang perlu disiapkan orang tua murid, teknologi apa yang digunakan, bagaimana dengan PR? Dan masih banyak segudang pertanyaan lainnya.



Berikut beberapa tips dalam mensosialisasikan pelajaran musik online ke orang tua murid, sbb:

 1. PERBANYAK KOMUNIKASI 

Komunikasi dua arah merupakan elemen yang paling esensial dalam pelajaran musik online. Untuk menjalankan bisnis yang efektif dibutuhkan komunikasi yang jelas dan teratur. Kedua belah pihak diharapkan untuk aktif. Namun Anda tidak bisa menuntut orang tua murid untuk aktif dengan sendirinya. Andalah yang harus berinisiatif untuk memulainya terlebih dahulu. Pada pelajaran musik online, bahkan Anda harus berbicara dan menjelaskan lebih banyak ke orang tua di awal dan akhir pelajaran.


 Satu hal yang perlu diingat, bahwa kebijakan yang Anda buat tidak akan melakukan komunikasi untuk Anda secara otomatis. Kebijakan adalah rencana cadangan yang baik, tetapi cara yang paling dapat diandalkan, adalah memiliki HUBUNGAN YANG BAIK dengan orang tua murid. Yakinkan orang tua, bahwa pelajaran musik online itu bisa berhasil dan tidak harus melibatkan banyak peralatan yang rumit dan mahal.


2. PENGUMUMAN

Buatlah pengumuman yang singkat dan jelas mengenai konsep pelajaran musik online dan kebijakan sekolah musik – bisa melalui email, message pribadi/grup, maupun media sosial. Tekankan manfaat positif dari pelajaran musik online bagi murid. Pentingnya menjaga rutinitas dan manfaatnya bagi anak. Dan Penjelasan singkat tentang bagaimana prosedur pelajaran musik online. 


Pikirkan tentang pertanyaan-pertanyaan yang mungkin mereka ajukan. Banyak kekhawatiran, bahwa pelajaran online itu tidak efektif dan kemungkinan tingkat keberhasilannya kecil. Kalau begitu bukankah anak jadi tidak mengalami progress/kemajuan dan malah frustrasi? Well, maybe. Mungkin saja. Tetapi kita dilahirkan untuk menjadi survivor, terkadang ketika seseorang berada dalam kondisi terjepit, justru mereka bisa menjadi lebih kreatif dan belajar lebih banyak di luar zona nyamannya. Berbagai usaha pun ditempuh.


3. LANGSUNG, TEGAS, NAMUN PEKA TERHADAP SITUASI

Pertimbangkan untuk berkomunikasi dengan masing-masing orang tua murid/klien secara pribadi, disamping mengirimkan pengumuman secara umum via email/sosmed untuk menjelaskan kebijakan dan filosofi sekolah musik. Pasti mereka memiliki banyak pertanyaan dan keluhan. Dengarkan mereka dan belajar untuk berempati/turut prihatin. Tidak semua murid bisa tetap melanjutkan pelajaran musik online, karena banyak faktor, misalnya: kondisi keuangan akibat PHK atau ada anggota keluarga yang terpapar virus Covid-19, teknologi tidak memadai, koneksi internet buruk, gaptek, dll. 


Belajarlah untuk peka dan prihatin, dan tanggap terhadap situasi. Hari-hari                                                                                                                                            ini merupakan saat yang sensitif dan semua orang berada dalam tekanan (stress). Belajarlah juga untuk mengkomunikasikan dan mengartikulasikan manfaat dan tujuan spesifik yang dapat dicapai siswa melalui pembelajaran jarak jauh, tanpa menyinggung orang tua murid yang sekiranya mungkin memutuskan untuk tidak melanjutkan pelajaran musik online. Biarkan itu menjadi keputusannya. Yang bisa kita lakukan adalah memberikan penjelasan, alternatif, dan solusi. Ajukan pertanyaan yang relevan dengan pelajaran musik online dan bukan pertanyaan yang sifatnya pribadi. 


4. FLEKSIBEL

Jadilah fleksibel dengan waktu dan durasi pelajaran musik online, karena Anda dan murid Anda juga perlu menyesuaikan diri dengan format yang baru. Seorang murid yang berusia enam tahun tentunya mempunyai tingkat konsentrasi yang berbeda dengan murid yang berusia sepuluh tahun. Murid yang berusia sepuluh tahun mungkin bisa memfokuskan diri pada pelajaran online tiga puluh menit. 


Biarkanlah pihak murid dan orang tua murid yang memutuskan teknologi apa yang diperlukan dan akan mereka gunakan. Apakah mereka akan menggunakan handphone, tablet, laptop, atau komputer? Apakah mereka lebih nyaman dengan skype, google hangout, atau zoom? Mana pilihan yang lebih nyaman untuk mereka? Adalah baik untuk memiliki lebih dari satu opsi platform di saku Anda, seandainya jika platform yang dipilih tampaknya tidak berfungsi dengan baik. Jangan lupa untuk menginformasikan ketersediaan jadwal Anda.


5. TERBUKA DAN MEMILIKI OPSI/ALTERNATIF

Bersikaplah terbuka dan positif terhadap ide-ide baru dalam rangka mengembangkan opsi pelajaran musik online yang disesuaikan untuk masing-masing anak. Berikanlah beberapa pilihan, seperti mengirimkan video rekaman hasil latihan dan guru pun juga dapat mengirimkan video instruksional dengan beberapa komentar, demonstrasi, dan tips-tips berlatih untuk minggu yang akan datang.  


Opsi video lesson bekerja sangat baik untuk kelas grup dan siswa yang tidak memiliki internet berkualitas tinggi di rumah. Ini juga merupakan cadangan yang bagus untuk berjaga-jaga, jika teknologi gagal selama panggilan langsung dan Anda dapat menggunakan ini untuk meyakinkan orang tua murid yang khawatir mengenai hal ini.


6. INFORMATIF

Berikanlah tips-tips sehingga mereka yang tidak terlalu paham teknologi dapat melakukan pengaturan (setting) yang benar dan proper tanpa merasa takut atau tertekan. Informasikan tentang jadwal pertemuan minimal satu hari sebelum pelajaran murid dalam bentuk SMS/Whatsapp/Email sebagai konfirmasi dan pengingat, agar semuanya bisa berjalan dengan lancar dan efektif.


Beberapa hal yang bisa diinformasikan sebelum memulai pelajaran musik online, a.l.

  • Aplikasi/sharing platform apa yang akan digunakan
  • Perangkat apa yang Anda rekomendasikan untuk digunakan, pastikan perangkat dalam kondisi batere penuh
  • Cara memposisikan perangkat, sehingga Anda dapat melihat siswa dan mereka dapat melihat Anda (minimal wajah dan jari terlihat)
  • INFO TEKNIS - Berikan instruksi yang jelas dan sederhana kepada siswa Anda dan orang tua mereka. Pastikan untuk membuat teknologi mudah dimengerti 
  • Pastikan untuk menyertakan tautan dan kode meeting ID, jika mereka perlu mengunduh aplikasi atau masuk ke dalam kelas musik online
  • Perbedaan utama dalam pelajaran musik online adalah bagaimana guru dan murid berkomunikasi. Pada pelajaran musik online, sangat penting untuk berbicara dan bermain musik secara bergiliran. Tidak mungkin bagi kedua belah pihak untuk bermain dan berbicara secara bersamaan.
  • Siapkan buku dan alat tulis sebelum pelajaran dimulai


Akhir kata, jangan jadikan pelajaran musik online menjadi beban dan membosankan karena semua teknologi yang mahal dan ribet. Think simple! Temukanlah cara agar pelajaran musik online ini berhasil dan praktis bagi semua pihak, baik guru, orang tua, dan murid. Pastikan hal-hal tetap menyenangkan dan ringan. Semoga bermanfaat! Stay healthy and safe!