Tuesday, June 9, 2020

Hikmah dikala Pandemi | Liputan RSL Online Piano Workshop 2020 | by: Jelia Megawati Heru

Liputan RSL Online Piano Workshop 2020
"HIKMAH DIKALA PANDEMI"


Ada pepatah Cina kuno yang mengatakan: "Selalu ada Hikmah di balik malapetaka". Orang Inggris kuno juga mempercayai bahwa selalu akan ada opportunity di balik kemalangan. Itulah mestinya yang harus kita sikapi. Pandemi Covid-19 memang mengerikan. Tak jelas ujung akhirnya. Namun tetap ada hikmahnya, tak terkecuali bagi ranah musik.

Pandemi Covid-19 dihadapi dengan lockdown, social distancing, stay at home, atau apapun istilahnya. Keadaan ini diperkirakan akan sangat lama. Sehingga musik, dalam semua bentuknya, harus bisa, harus siap membuat NEW STAGE. Panggung baru, yakni ONLINE STREAMING. Dalam rangka pengkondisian inilah, para pemusik kelas dunia menggelar konser, resital, masterclass, seminar semua secara online. Dan gratis. Karena masih dalam tahap pengkondisian. Itulah hikmah pandemi ini. Worldclass music material, but amazingly FOR FREE.

Itu pulalah yang dirasakan para guru, pencinta, pemerhati musik piano di Indonesia. Mengikuti seminar dengan keynote speaker atau nara sumber seorang music educator papan atas di Indonesia. Seorang penulis, seminator, alumnus Jerman, konsultan Departemen Pendidikan Republik Indonesia, penulis buku panduan untuk pendidikan musik luar sekolah di Indonesia. Seorang Jelia Megawati Heru, M.Mus. Edu. Secara gratis. Kapan lagi ada event sedemikian jika tak ada pandemi Covid-19?



Webinar atau web seminar dari RSL AWARD Representative District Indonesia, diadakan pada Rabu, 3 Juni 2020. Webinar ini bertajuk Piano Workshop for The New RSL Piano Syllabus 2019 - for Debut, Grade 1 - 3. Webinar ini disponsori oleh PT. KAIROS MULTI JAYA, Distributor resmi CASIO DIGITAL PIANO DAN KEYBOARD.



Peminat webinar ini sangat luar biasa. Menurut pihak RSL Indonesia, sejak pertama brosur dipublikasikan, sudah puluhan orang yang mendaftar. Belakangan setelah maksimum slot terpenuhi, masih banyak yang tetap ngotot untuk mengikuti webinar ini. Bukan karena gratisannya, melainkan karena RSL atau Rockschool adalah lembaga sertifikasi internasional untuk Musik Kontemporer Non-Klasik. Dan tentunya juga karena profil Jelia Megawati Heru.



Webinar diikuti lebih dari 100 participant. Dibuka dengan prakata dari Bayu Adhitama, selaku Host. Andy Jobs selaku Country Manager of Rockschool Indonesia, memberikan sambutan tentang maksud dan tujuan webinar. Mr. Conor Burns, International Business Development Manager at RSL Awards, UK. Diantaranya adalah memberi penegasan tentang sistematika dan prosedur pelaksanaan ujian Rockschool. Dikatakannya ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh para kandidat untuk mengikuti ujian RSL.

  • VIDEO EXAM. Ini dilakukan dengan cara mengirimkan rekaman video tanpa editing dan tanpa jeda. Diperuntukkan bagi yang akan mengambil Performance exam. Untuk yang mengambil Grade Exam, ditambah dengan memainkan semua Technical Exercises dan Supporting Tests.
  • FACE-TO-FACE STREAMING EXAM. Ini dilakukan persis sama dengan ujian tatap muka seperti lazimnya. Hanya bedanya, penguji dan kandidat berhadapan secara tatap muka via online. Tentu opsi ini memerlukan koneksi internet yang sangat baik.
Jelia Megawati Heru mengawali Webinar dengan memperkenalkan terlebih dahulu piano yang dipakainya dalam streaming. Casio PX-S3000 Digital Piano Privia. High Grade type. Dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti split layer, patch sound, dan touch sensitivity yang bisa diatur untuk pemula sampai pianis professional. New Design dari keys texture. 

Kemudian fasilitas koneksi dari mulai Bluetooth sampai MIDI, dan aplikasi Chordana yang sangat multi fungsi. Baik sebagai sarana pembelajaran maupun hiburan dan kreaai. Seketika mendengar paparan Jelia tentang info produk, berhamburanlah pernyataan teks tentang minat terhadap produk ini. Pertanyaan seputar detail produk dijawab oleh team dari Casio Indonesia.



Webinar ini berlangsung 3 jam penuh, Dan ratusan partisipan tak beranjak. Jelia dengan sangat professional dan menarik, menerangkan berbagai aspek semua materi piano syllabus. Debut sampai dengan grade 3. Juga mendemonstrasikan semua lagu. Tentu tak perlu heran. Karena Jelia adalah pianis professional pula dengan musikalitas yang luar biasa. Jarang ada pianis dengan latar akademis Eropa yang klasikal bisa beradaptasi dengan sedemikian baik untuk Pop Rock dan Jazz.



Pertanyaan sebagai ungkapan minat terhadap Rockschool exam syllabus dari RSL Inggris mengalir dengan sangat deras. Dan semuanya dijawab Jelia dengan gayanya yang khas. Selain pertanyaan banyak pula komentar dan pernyataan puas. Umumnya menyatakan bahwa Webinar ini berlangsung professional. Lancar. Tanpa hijack seperti RSL WEBINAR di negara lain. Menarik. Syllabusnya sungguh menarik, indah, enak didengar, meski juga sulit. Hal yang penting adalah apa yang diucapkan Mr. Conor Burns di akhir kata sambutannya: "All of you are in the safe hand of Jelia Heru."


FOLLOW