Monday, June 1, 2020

CORONA VIRUS AND ME - Mengajar Piano di Masa Covid-19 | by: Jelia Megawati Heru

“CORONA VIRUS & ME”
MENGAJAR PIANO DI MASA COVID-19
by: Jelia Megawati Heru



“The hardest part of teaching online, is starting. 
Once we put our toe in the water, all we need to do is learn to swim.”
Joey Lieber

READY – SET – GO!
Efek social distancing dari virus COVID-19 menghantam bak tsunami ke semua bidang – dunia pendidikan tanpa terkecuali. Dunia pendidikan harus meredefinisikan apa arti belajar di masa ini. Banyak dari kita sekarang tidak mempunyai pilihan, selain mengajar piano online (jarak jauh) selama masa karantina. Ini adalah (the new) normal. Ibarat long distance relationship, mengajar online juga mempunyai kesulitan dan tantangannya tersendiri.

Jadi bagaimana kabar Anda? Apakah Anda sehat secara fisik dan emosi selama masa karantina ini? Bagaimana Anda mengajar? Apakah Anda bisa bertahan dengan mengajar jarak jauh? Apakah Anda mengalami banyak kendala? 

Sesulit dan seberat apapun kondisinya, pastikan Anda agar selalu memprioritaskan kesehatan Anda dan orang-orang yang Anda sayangi. Untuk itu, ada beberapa tips praktis yang bisa Anda lakukan supaya Anda bisa merasa lebih nyaman selama masa mengajar online yang panjang ini.


1. MENCUCI TANGAN
Cucilah tangan Anda secara menyeluruh dan teratur, sebelum dan sesudah bermain piano. Apabila masih ada pengunjung ke piano studio Anda, mintalah pengunjung untuk mencuci tangan sebelum menyentuh apapun – termasuk orang tua, saudara kandung, dan karyawan.



2. ETIKA BATUK/BERSIN & JAGA KEBERSIHAN
Perhatikan etika batuk/bersin! Pakailah masker, selalu sediakan tissue, dan langsung buang ke tempat sampah dengan kantong plastik. Buang sampah secara teratur. Selalu sediakan cairan sanitizer (minimal 70% alkohol) di piano studio Anda, meja resepsionis, dan toilet. Jaga kebersihan ruang piano Anda dan diri Anda. Bersihkan handle pintu, meja, kursi dengan cairan desinfektan secara teratur. Semprot ruangan dengan spray anti bakteri dan virus, apabila perlu.



3. BERSIHKAN TUTS PIANO
Ini adalah hal yang penting dan perlu dilakukan: tuts piano harus dibersihkan diantara jeda setiap pergantian murid (apabila masih ada pengunjung yang datang ke piano studio Anda). Jika tidak pun, Anda disarankan untuk membersihkan tuts piano secara teratur. Gunakan micro fiber cloth atau tissue anti bakteri. 

Jangan semprotkan cairan desinfektan berbasis alcohol (jangan gunakan desinfektan berbasis pemutih) secara langsung ke tuts piano, tetapi ke kain micro fiber. Oleskan dengan gerakan vertikal per tuts, langsung keringkan dengan kain micro fiber yang lain. Apabila Anda mempunyai cairan pembersih tuts piano, disarankan untuk menggunakan cairan pembersih terlebih dahulu, diikuti dengan cairan desinfektan, dan langsung  dikeringkan. Terakhir, jangan lupa untuk segera mencuci kain micro fiber dan tangan Anda.




4. DUDUK DENGAN NYAMAN
Berbeda dengan mengajar one-to-one sebelumnya (tatap muka), dimana mobilitas pergerakan Anda masih normal, sekarang Anda mungkin harus duduk dalam jangka waktu yang lama. Pastikan Anda memilih bangku yang nyaman dengan penyangga punggung (back support), seperti bangku komputer saat mengajar akan membantu mencegah rasa sakit (back pain).


5. CEGAH KELELAHAN VOKAL
Salah satu masalah yang timbul dari mengajar online adalah Anda harus berbicara lebih banyak dan bahkan mungkin lebih keras daripada mengajar pada umumnya. Karena Anda harus memberikan instruksi dan menjelaskan secara terus menerus dalam jangka waktu yang lama. Pada akhir pelajaran, biasanya Anda akan menderita sakit tenggorokan. 


A. MINUM
Banyak minum air putih secara teratur. Siapkan botol air minum kesayangan Anda. Gunakan sedotan ramah lingkungan, jika perlu. Jangan lupa untuk jaga kesehatan dengan cukup tidur, makan teratur, dan konsumsi vitamin.



B. GUNAKAN HEADPHONE/SPEAKER
Ketika kita tidak dapat mendengar seseorang dengan baik, secara otomatis kita berbicara lebih keras dari biasanya. Berbicara lebih keras sepanjang hari akan berkontribusi pada kelelahan vokal. Coba tingkatkan volume pada perangkat Anda atau gunakan headphone/earbud atau speaker (dengan Bluetooth lebih baik) untuk membantu Anda. Anda juga bisa menyarankan hal yang sama dengan murid Anda. Hindari berbicara sambil bermain piano. Biarkan siswa selesai sebelum Anda berbicara. Biasakan bermain piano dalam segmen pendek dan kemudian berdiskusi.



C. MENGATUR JADWAL
Apabila memungkinkan, mungkin Anda dapat mengatur jadwal mengajar Anda dengan lebih fleksibel – memungkinkan istirahat yang lebih sering. Hal ini akan berdampak besar pada ketahanan fisik dan mental Anda.

6. TINGKATKAN KONEKSI INTERNET & PLAN B 
Di masa seperti ini, internet is your best friend. Tingkatkan koneksi internet Anda dengan memindahkan router lebih dekat ke Anda atau hubungkan komputer/laptop dengan kabel internet Anda. Simpel dan layak untuk dicoba. Anda juga dapat memeriksa kecepatan internet Anda. Apabila kurang dari 1,5 Mbps, mungkin Anda harus mempertimbangkan untuk menambah kecepatan dengan internet provider pilihan Anda. Jika sinyal lemah, mungkin Anda harus menggunakan penguat sinyal untuk lantai yang berbeda.



PLAN B
Kualitas koneksi internet siswa Anda juga berperan dalam hal ini. Jika internet siswa Anda tidak cukup cepat untuk konferensi video, Anda mungkin dapat menginstruksikan siswa untuk mengirimkan rekaman audio atau video dan foto PR teori musiknya. Lalu Anda bisa memberikan feedback dan komentar Anda dalam bentuk text message. Tuliskan PR dan tugas mereka dalam email atau text via SMS/WhatsApp. Setidaknya hal ini layak untuk dicoba. 

7. JELAJAHI SUDUT & TAMPILAN KAMERA
Tempatkan perangkat Anda di lokasi yang optimal, dan dorong siswa Anda untuk melakukan hal yang sama. Anda bisa melakukan berbagai percobaan. Misalnya: Laptop ditaruh diatas kursi yang bisa diatur ketinggiannya, meja, koper, atau gunakan note stand, be creative!

Apabila Anda menggunakan smarphone/tablet, Anda bisa menggunakan tripod khusus untuk smartphone/tablet. Apabila Anda tidak punya tripod, cukup disangga di ujung tuts piano untuk memberikan sudut samping yang menunjukkan gerakan tangan dan jari. Lebih baik lagi apabila siswa dapat melihat tangan dan wajah Anda.

Tidak disarankan untuk membeli peralatan baru yang mahal saat ini. Gunakan cara yang mudah dan sederhana untuk meningkatkan pengaturan dengan menggunakan barang yang sudah Anda miliki di rumah. Apapun yang Anda lakukan, pastikan agar gambar terlihat jelas.



8. MEMPERSIAPKAN SESI ONLINE
Sisihkan waktu 5-10 menit sebelum setiap pelajaran untuk melakukan persiapan pelajaran online.
- Atur siapa yang akan memulai panggilan dan berikan kode meeting. Bersiaplah untuk menggunakan platform online yang telah disepakati bersama
- Gunakan pakaian yang sesuai (bukan piyama)
- Siapkan semua materi yang dibutuhkan: buku, partitur, serta alat tulis
- Berikan panduan untuk mengatur sudut kamera
- Berikan panduan cara menggunakan platform online
- Penjelasan pelajaran online vs langsung (normal)
- Berikan panduan dimana, bagaimana cara mengirimkan video latihan dan PR
- Mintalah mereka memastikan agar baterai perangkat mereka terisi cukup!
- Minta mereka untuk mematikan semua program, tab, dan notifikasi/gangguan lainnya
- Ruang pelajaran harus disertai dengan pencahayaan yang cukup dan bebas dari semua gangguan lainnya (hewan peliharaan, saudara kandung, dll).
- Faktor Lainnya
Pastikan siswa siap pada waktu pelajaran yang telah ditentukan. Siswa harus siap untuk fokus pada pelajaran selama durasi berlangsung. Orang dewasa harus hadir di awal dan akhir pelajaran untuk membantu siswa dalam hal teknis – terutama apabila siswa berusia dibawah 10 tahun. Semoga artikel ini bermanfaat dalam masa karantina hingga pandemi ini berlalu. Stay safe!


"What doesn't kill you, makes you stronger!"
Friedrich Nietzsche