Wednesday, December 7, 2022

OUSTANDING PIANO TEACHER | by: Jelia Megawati Heru | Staccato, December 2022

OUTSTANDING PIANO TEACHER
By: Jelia Megawati Heru
Staccato, December 2022


“DICARI! Guru piano, wanita, umur maksimal 35 tahun, sabar, suka dengan anak-anak, berpengalaman, minimal lulus grade 8 ujian musik internasional.” Mungkin begitulah kira-kira bunyi iklan sekolah musik. Menemukan guru yang bagus, terbaik, dan cocok adalah keinginan, dambaan, dan harapan semua orang tua. Orang tua menginginkan seseorang yang tidak pernah gagal membuat kelas piano anak menjadi menarik dan memotivasi minat serta mengasah bakat anak hingga anak menjadi versi terbaik dirinya. A perfect piano teacher!

 

Sebetulnya apa sih hal membedakan oleh guru piano biasa dan guru piano yang hebat? Kualitas dan karakteristik apa yang dimiliki oleh para guru tsb? Apakah karena gelarnya? Punya lisensi atau sertifikat? Bagaimana dengan kesabaran dan profesionalisme?     



1. PIANIS YANG BAIK
Kualitas pertama seorang guru piano yang baik adalah bahwa dia seorang pianis yang baik dan terampil, yang memiliki teknik dan skill tingkat advanced. Hal ini tidak dapat ditawar atau dinegosiasikan. Dia harus memiliki kemampuan untuk bermain piano dengan sangat baik dan mendemonstrasikan konsep-konsep penting bagaimana musik itu harus dimainkan, terutama pemula yang belum pernah mendengar lagu tsb sebelumnya. Jika Anda tidak memiliki kemampuan teknis untuk mendemonstrasikan fingering atau tangga nada, tidak paham konsepnya, bagaimana Anda dapat membantu siswa untuk memahami dan menguasai teknik tsb?


 

Seeing is believing and experience music is inspiring. Murid perlu melihat dan mendengar bagaimana musik itu perlu dimainkan. Ini tidak cukup dengan instruksi lisan (verbal), tetapi juga dengan tindakan. Seringkali penjelasan berupa kata-kata bisa menjadi sangat sulit. Memberikan demonstrasi merupakan aspek yang krusial dalam menjelaskan dan membimbing seorang murid. 


Guru-guru terbaik terampil dalam keahlian mereka untuk mempertahankan keahlian bermusik yang luar biasa dengan senantiasa belajar dan tampil – bisa solo maupun bersama murid. Keterampilan dan kemahiran ini juga membuktikan kepada orang tua bahwa Anda adalah guru yang layak, dengan cara yang jauh lebih meyakinkan daripada memberikan resume CV atau diploma terakhir Anda.



2. PASSIONATE & LOVE PIANO

Hal yang ini juga tidak bisa ditawar. Guru piano yang baik jelas adalah seseorang yang mencintai piano dan menikmati apa yang dia kerjakan. Passion ini menular bagai virus dan akan memotivasi siswa untuk menikmati dan mencintai musik. Anda juga harus belajar menyukai orang lain, terkoneksi dengan siswa, dan berempati terhadap mereka. 

 

Guru ingin agar muridnya juga mengalami kemajuan, terhubung dengan piano dengan cara yang memungkinkan mereka untuk belajar bermusik. Jika Anda tidak mencintai dan menikmati musik, bagaimana Anda bisa mengajar dan bicara tentang musik? Jika Anda tidak menyukai orang, pekerjaan ini akan menjadi pekerjaan yang paling membosankan di dunia dan membunuh Anda perlahan-lahan. 



3. SEORANG MURID YANG SANGAT BAIK

Seorang guru yang baik adalah merupakan murid yang sangat baik. An active learner. Seorang pelajar sejati akan menjadi guru yang terbaik, karena mereka mendapatkan kepuasan pribadi dengan belajar, terus meningkatkan dirinya sendiri, selalu up-to-date dengan metode baru, silabus terbaru, gemar membaca, mengikuti festival, workshop, seminar, masterclass, atau mendapatkan sertifikasi. Dalam perjalanan karir musik Anda, Anda akan semakin menyadari bahwa semakin lama semakin banyak yang Anda harus pelajari. 

 

Meskipun seorang guru menguasai bidangnya, adalah sangat penting untuk terus meningkatkan dirinya. Akan menjadi bencana dan mimpi buruk bagi seorang siswa untuk mengetahui bahwa apa yang telah mereka persiapkan sebenarnya sudah ketinggalan zaman, apalagi jika guru tidak melakukan mendapatkan informasi yang cukup. Informasi adalah segalanya di dunia milenial yang sangat cepat. Seorang guru harus resourceful, berkembang, berani mencoba hal-hal yang baru, kreatif, dan selalu memiliki alternatif dan ide mengajar bagi muridnya. 

 

Seorang guru yang baik tidak akan pernah jalan di tempat yang sama atau hanya duduk diam dan mengatakan bahwa mereka adalah yang terbaik. Tetapi sebaliknya akan terus belajar dan menjadi lebih baik sehingga mereka dapat membimbing siswa mereka dan memotivasi mereka untuk mencapai standar yang lebih tinggi. Semakin banyak yang Anda pelajari, semakin pintar murid Anda. Jika Anda diam saja atau bergerak mundur, maka Anda akan tertinggal.



4. DISIPLIN, PLANNER & ORGANIZER YANG BAIK

Guru yang baik tidak hanya tepat waktu, disiplin, dan bekerja selama 45 menit pada jam kelas musiknya saja. Ia harus menyiapkan materi mingguan yang sesuai dengan tingkatan siswanya dan kurikulum/syllabus tertentu. Dia harus merencanakan dan mengetahui jadwal ujian sehingga dia dapat mempersiapkan siswanya untuk mengikuti sesi ujian yang akan datang. Ini adalah salah satu cara untuk menunjukkan bahwa guru peduli terhadap siswanya. 

 

Guru yang baik jarang datang terlambat dari waktu pelajaran yang telah ditentukan. Umumnya guru selalu tepat waktu dan fokus pada pelajarannya di kelas. Menjadi fokus selama pelajaran berarti gangguan diminimalisir, dan lingkungan belajar harus bersih dan tenang. Guru yang baik mempunyai manajemen pengelolaan waktu yang baik. 

 

Semakin berpengalaman Anda, maka semakin jelas apa yang akan Anda lakukan dalam sebuah pelajaran, apa yang harus dipersiapkan, metode dan buku apa yang akan digunakan untuk mengajar, serta tujuan jangka pendek dan jangka panjang dari sebuah pelajaran musik. Sebagai guru piano, sangat penting untuk memenuhi gaya belajar. Misalnya, beberapa anak adalah pembelajar tipe visual, sedangkan yang lain adalah pembelajar auditori atau taktil. 



5. KOMUNIKATIF & MAMPU MEMOTIVASI MURID

Komunikasi yang efektif adalah dasar dari setiap pelajaran. Lakukan komunikasi dengan singkat, jelas, dan padat. Less is more. Namun untuk menjelaskan teknik yang rumit lebih baik digunakan demontrasi daripada penjelasan panjang lebar.  Komunikator yang kuat mampu menjaga dialog terbuka dan membina hubungan antara guru - orang tua - murid. 

 

Guru yang baik mampu mengakomodir siswa dan orang lain. Mereka tidak ragu untuk berbicara dengan orang tua murid, mengambil inisiatif, mengirimkan pesan tentang berbagai update dan kemajuan murid, berkomunikasi di luar kelas, menginformasikan bahwa anak sudah siap untuk mengikuti ujian internasional atau sesuatu yang baru – kompetisi atau program konser sekolah musik. Guru akan melibatkan orang tua untuk dapat lebih memahami kondisi anak, memastikan kemajuan anak kearah yang benar, sehingga anak dapat berkembang pesat dan optimal.

 

Seorang guru yang benar-benar memotivasi memancarkan kegembiraan yang tulus bagi seorang siswa. Tidak ada yang lebih menyenangkan, sebagai seorang siswa, daripada ketika guru Anda sama bersemangatnya dengan Anda. Entah itu antusiasme atas pieces baru mereka, keinginan untuk mendengar tentang minggu mereka, atau bangga dengan kemajuan mereka, kegembiraan kita dalam pelajaran sangat kuat dan menular. Ini menunjukkan kepada siswa bahwa kita peduli dengan mereka dan bahwa kita sama-sama berinvestasi dalam pelajaran mereka seperti halnya mereka.

 


6. SABAR & MEMILIKI KARAKTER YANG BAIK

Seorang guru yang luar biasa akan menunjukkan kesabaran yang luar biasa terutama pada hari-hari yang berat, melelahkan, murid-murid yang sulit, dan ketika tiger parents mengaum. Semua siswa belajar dengan kecepatan yang berbeda, merespons lebih baik terhadap satu gaya pengajaran dibandingkan gaya pengajaran yang lain.

 

Anak-anak yang lebih kecil akan membutuhkan guru yang lebih sabar dan ramah karena mereka sedang dalam tahap membangun minat musik. Mereka membutuhkan seorang guru yang dapat membuat pelajaran menjadi menarik, mampu bernyanyi dan menari bersama mereka. Bercerita dan berinteraksi dengan mereka membantu mereka membangun ikatan siswa-guru yang baik.

 

Guru yang salah bisa membunuh minat belajar mereka. Semua siswa berharap memiliki guru yang mudah didekati yang dapat mereka ajukan pertanyaan dengan bebas kapan pun mereka memiliki keraguan dalam mata pelajaran mereka, selama atau setelah pelajaran. Guru dan siswa akan membentuk hubungan yang baik dan kuat, oleh karena itu siswa harus merasa mudah untuk mendekati guru jika mereka memiliki pertanyaan.

 

Guru yang menunjukkan kesabaran dan dukungan kepada siswanya akan berdampak positif pada keberhasilan siswanya. Kunci bagaimana guru dapat mengembangkan kesabaran adalah menerima bahwa tidak semuanya akan berjalan sesuai keinginan Anda sepanjang waktu. Jika keadaan tidak sesuai dengan rencana, maka lakukanlah hal-hal lebih lambat, kelola emosi Anda, dan kembangkan keterampilan bekerja di bawah tekanan. Kesabaran menempatkan kita dalam kendali langsung atas diri kita sendiri. Dan tidak ada bantuan yang lebih kuat untuk sukses selain kontrol diri. Practice makes better.



7. PEKERJA KERAS

Betapapun menyenangkannya musik, ada kalanya Anda harus bekerja keras dan fokus. Guru yang hebat juga memberikan unsur serius pada pelajaran musik. Musik adalah bahasa dan mempelajari bahasa baru adalah kerja keras. Adalah tugas kita sebagai guru untuk membantu memelihara fokus itu pada siswa dan memberikan suasana di mana mereka dapat belajar.

 

Seorang guru yang baik memastikan bahwa siswanya memahami materi yang diajarkan selama pelajaran. Di akhir pelajaran, dia akan menanyakan kepada siswa apakah dia memiliki pertanyaan tentang kelas hari ini dan jika ada, dia akan menghilangkan keraguannya. Di akhir setiap pelajaran, pastikan agar siswa paham apa yang harus dilatih di rumah.




PENUTUP
Profesi sebagai guru adalah sebuah profesi khusus, lebih dari sekedar pekerjaan saja, ini adalah sebuah panggilan hidup, yang memerlukan bakat, dan dedikasi tinggi. Sebagai seorang guru, Anda memiliki kesempatan untuk menyentuh banyak kehidupan, mengajari mereka keterampilan hidup yang berharga, dan memiliki dampak yang tidak terukur dalam masa depan murid Anda dalam membantu mereka mencapai tujuan hidupnya.

Menjadi the great music teacher memang bukan perkara mudah. Sebagai penutup, saya ingin mengajukan pertanyaan sebagai bahan introspeksi anda semua. Pertanyaannya adalah: Mengapa saya harus menjadi the great music teacher? Mengapa kok tidak cukup hanya menjadi ordinary music teacher saja? Apakah jika saya menjadi great music teacher lalu pimpinan saya akan memberikan bonus? Apakah ada insentif kesejahteraan ?

Sebetulnya begini. Menjadi the great dan outstanding music teacher adalah kulminasi atau puncak tujuan karir seorang guru musik. Mengapa harus outstanding dan bahkan menjadi the great? Karena subyek sekaligus obyeknya pada umumnya adalah ANAK-ANAK. Mereka ini adalah generasi penerus bangsa ini. Dan musik, membekali mereka dengan tata krama, etika, dan menjadi manusia seutuhnya yang jiwanya terisi dengan asupan nilai-nilai yang baik. Itulah sebetulnya BEBAN SEKALIGUS TUJUAN AKHIR GURU musik. The great music teacher adalah pribadi professional yang paham betul akan fungsi dan bekerja dengan efektifitas dan efisiensi yang pas. Itu yang membuat seseorang menjadi the great music teacher.