Thursday, January 7, 2016

"DENTANG RAHMAT DESEMBER" - Liputan Home Concert "Blessed December"

"DENTANG RAHMAT DESEMBER"
Liputan Home Concert "Blessed December"
oleh: Tim Liputan Staccato

 Photo by:  
Wilson Hidajat

Sebuah konser piano bertajuk “BLESSED DECEMBER” pada 13 Desember 2015 telah digelar. Bertempat di Agape Chapel, Reformed Millennium Center Indonesia (RMCI), Kemayoran, Jakarta. Sebagai penyelenggara adalah JELIA’S PIANO STUDIO. Konser tsb sebetulnya adalah sebuah HOME CONCERT bagi para siswa Jelia’s Piano Studio. Namun banyak sekali sisi menarik yang dapat kita petik, permenungan, dan terapkan dalam ranah pendidikan musik yang cocok bagi keadaan anak “zaman sekarang”.

Dalam sambutannya, Jelia Megawati Heru, M.Mus.Edu selaku direktris mengemukakan, bahwa konser ini adalah sebuah ungkapan syukur atas hasil yang dicapai para siswa selama setahun belajar piano dan musik. Konser tsb sama sekali bukan ajang unjuk keterampilan (show-off,) namun lebih mengkerucut pada ungkapan estetis para siswa akan rasa syukur dalam keberhasilannya menempuh pelajaran selama tahun 2015.


Konser “Blessed December” sangat berbeda dengan konser para siswa piano pada umumnya. Dalam konser ini kita tidak mendengarkan musik dari JS. Bach, WA. Mozart, atau J. Brahms. Karena musik para komposer tsb perlu lebih disikapi, mengingat bagi anak zaman sekarang, musik yang lazim disebut sebagai “Musik Klasik” seringkali seperti gunting yang mencerabut anak-anak dari situasi budaya yang dialaminya sehari-hari. Maka dengan ide yang sangat segar, seorang Jelia menyodorkan sebuah konsep baru dalam pendidikan musik dan khususnya pada instrumen piano.

Tetap pada standarisasi teknik dan musikalitas yang tinggi, namun tanpa mencerabut situasi budaya zaman sekarang. Alhasil, yang kita saksikan adalah anak-anak yang dengan ceria memainkan musik dan BUKAN sekedar melaksanakan kewajiban karena sudah dikursuskan oleh orang tuanya.

http://jeliaedu.blogspot.co.id/2015/11/blessed-december-home-concert-on-sunday.html

Format yang tersaji dalam konser adalah solo piano, one piano four hands, one piano six hands, piano ensembles dengan perkusi, dan juga piano dengan iringan musik bernuasa orkestrasi lengkap. Tampil membuka acara adalah Lavinia Hidajat dengan “Ukrainian Carol” atau sering dikenal sebagai Carol of the Bells bernuansa etnik Slavia.

Lavinia Hidajat

Kemudian ensemble piano dengan perkusi yang sangat memukau, yang dibawakan oleh kakak-beradik Audrina Sundjoto dan Jayden Sundjoto. Beberapa siswa ekspatriat juga mengungkapkan pengalaman estetisnya. Mereka adalah Ela Yuce dan Ada Yuce berkebangsaan Turki, dan Justin Lim berkebangsaan Malaysia yang saat itu membawakan musik bernuansa Pop Rock dari lagu “Radioactive”.

Audrina Sundjoto & Jayden Sundjoto

 

Tampil pula Ken Alanna Winarta yang meski berusia sangat muda dan bertubuh mungil, namun dapat mempersembahkan musikalitas secara layak. Demikian juga penampilan yang musikal dari Kyiv Taniwan, Christopher Marc Suwito, Antea Putri Turk, Ken Adhisya Winarta.

dari atas - bawah:
Antea Putri Turk, Justin Lim & Ela Yuce

Satu hal yang membuat hadirin melakukan applause gemuruh adalah permainan dari Audrina Sundjoto, pianis cilik yang sangat berbakat. Juga Natasha Aurelia Chen yang menfavoritkan Jazz Waltz. Penampilan lain yang patut diapresiasi adalah Andrea Putri Turk yang menyanyikan lagu hasil karyanya sendiri berjudul “The Café” sembari bermain piano.

dari atas - bawah:
Audrina Sundjoto & Natasha Aurelia Chen

Dalam konser tsb tampil pula Dr. Dario Turk, seorang dokter gynecologist yang terkemuka di Indonesia. Beliau memaparkan makna pentingnya pendidikan musik dan harapannya pada para siswa dan orang tua untuk mendukung anak dalam pendidikan musiknya.

Dr. Dario Turk & Andrea Putri Turk

Sebagai pamungkas acara adalah penampilan gitaris klasik papan atas Indonesia, Michael Gunadi Widjaja dengan "White Christmas" karya Irving Berlin.    
 
Michael Gunadi Widjaja

Michael Gunadi plays Irving Berlin's "White Christmas"

See the photos in FLICKR
Watch the video in YOUTUBE
Subscribe my youtube channel HERE