Thursday, October 23, 2014

"PIANIS JERMAN SAJIKAN BEETHOVEN DI JAKARTA AKHIR PEKAN INI" - RRI News Portal, 21 October 2014

by Budi Prihantoro, 21 October
KBRN, Jakarta: Pemain piano kondang dari Jerman, Oliver Kern, bakal unjuk kepiawaian di Teater Jakarta akhir pekan ini.

Peraih lusinan penghargaan pada kompetisi internasional ini kembali datang ke Indonesia setelah konser di Solo ,Jawa Tengah dua tahun lalu membuat para hadirin terpesona.

Pemain kelahiran Schwäbish Gmünd 44 tahun lalu ini berharap bisa ikut berbagi dan mendapatkan pengayaan ilmu tentang pengenalan jati diri.

"Menurut sudut pandangan saya, kehadiran Oliver Kern ke Jakarta kali ini cocok sekali dengan perkembangan di Indonesia dimana jati diri yang dipentingkan. Pengenalan jati diri inilah yang dalam musik Beethoven sangat penting sekali," ujar promotor, Jongky Goei kepada Radio Republik Indonesia ditemui di kawasan Cikini Jakarta Pusat Selasa siang, 21 Oktober 2014.



Oliver Kern Kern sangat piawai memainkan tuts piano karya komponis Johannes Brahms dan Ludwig van Beethoven. Setiap penampilannya membuat penonton terpesona dengan kepiawaiannya yang telah diasahnya sejak umur 4-5 tahunan.

Kern meraih berbagai penghargaan pada Kompetisi Beethoven Internasional di Wina, Kompetisi Piano Internasional di Beijing, Jepang, dan seluruh Eropa. Di Jerman, selain sebagai pemain piano ternama, dia juga seorang profesor dan mengajar di Hochshule für Musik und Theater Hamburg. Selain di Jakarta, dia akan melanjutkan pentas di Kota Busan, Korea Selatan.

PRESIDEN JOKOWI DIHARAPKAN HADIR

Dalam pentasnya membawa Beethoven ke Jakarta, Oliver Kern akan  menyajikan interpretasi musik klasik kepada masyarakat Ibu Kota, termasuk karya-karya Ludwig van Beethoven, Piano Concerto No.3, Op. 37, in C minor dan Choral Fantasy Op. 80, in C minor. 

"Pada kapasitas sebagai Wali Kota Solo, Joko Widodo ikut menyaksikan konser Oliver Kern saat pentas di Solo tahun 2012. Dan kali ini sebagai kapasitas sebagai Presiden, kami berharap Joko Widodo juga ikut menonton,"ujar Jongky Goei.

"Bahkan sebagai penghormatan kepada Jokowi yang baru saja  dilantik sebagai Presiden, Olover Kern menulis sendiri undangan kepada sang Presiden untuk menyaksikan konsernya,"imbuh Jongky Goei.

Kalau tahun 2012, Oliver Kern tampil bersama  pemain biola Indonesia Iskandar Widjaja Hadar, selain konserto pada pentasnya di Jakarta pada Hari Minggu, 26 Oktober 2014 pukul 19.00 WIB mendatang akan dilengkapi dengan pengembangan konserto, yang oleh Beethoven dikemas dalam rupa Fantasy.

"Menjadi menarik karena fantasy kali ini disajikan dengan dukungan orkes dan paduan suara Indonesia, yakni Gloria Dei Cantores," ujar panitia yang juga music expert, Jelia Megawati Heru, Selasa (21/10) siang.

© 2013 Copyright LPP Radio Republik Indonesia. All Rights reserved.