Wednesday, October 22, 2014

"PIANIS JERMAN KE JAKARTA" - Kompas, Rabu, 22 Oktober 2014

"PIANIS JERMAN KE JAKARTA" 
Kompas, Rabu, 22 Oktober 2014, hal 12
Pendidikan dan Kebudayaan


Pianis kenamaan asal Jerman, Oliver Kern, akan menggelar konser di Taman Ismail Marzuki, Minggu (26/10). Konser itu merupakan salah satu upaya untuk mengenalkan Musik Klasik berkualitas kepada masyarakat.

"Indonesia memiliki banyak pemusik klasik, tetapi kualitas mereka belum mencapai standar dunia. Harapannya, penampilan Kern bisa menjadi inspirasi untuk pengajaran musik yang lebih baik," tutur Jongky Goei, dalam acara jumpa pers, di Jakarta, Selasa (21/10).

Goei mengungkapkan, dalam konser berjudul "Achtung! Oliver Kern bringt Beethoven nach Jakarta" (Perhatian! Oliver Kern Memboyong Beethoven ke Jakarta), Kern akan membawakan karya komposer Jerman yang dibesut sebagai salah satu penggubah lagu terbaik sepanjang masa tersebut. Dia akan diiringi oleh paduan suara Gloria dei Cantores dan orkestra Gloriamus Philharmonia dari Jakarta.

Konser piano tersebut merupakan konser kedua Kern di Indonesia. Pada Januari 2012, Kern tampil bersama pemain biola, Iskandar Widjaja, di Surakarta.

Promotor lainnya, Jelia Megawati Heru, mengatakan, dalam konser tahun 2012, penampilan Kern disambut meriah oleh penonton. "Selama ini, Musik Klasik dianggap hanya untuk kalangan tertentu. Namun, kami berusaha membuktikan bahwa musik jenis ini bisa dinikmati oleh masyarakat pada umumnya," tutur Jelia.

Salah satu upaya mendekatkan masyarakat Indonesia pada Musik Klasik ialah rencana membentuk proyek khusus kerja sama Indonesia-Jerman di bidang musik. Dalam proyek itu, pemusik-pemusik Jerman akan memberi pelatihan kepada mahasiswa dan pencinta musik mengenai teori dan praktik bermusik.

PERTUKARAN
Kepala Pengelola Taman Ismail Marzuki, Bambang Subekti mengutarakan, salah satu kewajiban pihaknya ialah memberikan tontonan Musik Klasik kepada khalayak. Selain konser itu, juga akan ada pertukaran dari rombongan kesenian Dinas Pariwisata DKI Jakarta untuk menggelar pertunjukkan di Jerman. (A15)