Sunday, February 5, 2012

Review Seminar Musik Pendidikan di Tegal


REVIEW SEMINAR MUSIC EDUCATION 
"AKTUALISASI PENDIDIKAN MUSIK" - DEWAN KESENIAN KOTA TEGAL
by: Michael Gunadi Widjaya 
Komite Seni Musik Dewan Kesenian Kota Tegal, menggelar seminar Music Education pada Sabtu, 4 Februari 2012 di Gedung Kesenian Kota Tegal. Tema seminar adalah "Aktualisasi Pendidikan Musik". Sebagai pembicara adalah Jelia Megawati Heru, M.Mus.Edu. Beliau adalah seorang music educator dan pianis alumnus Jerman. 
Menurut ketua Komite Seni Musik Dewan Kesenian Kota Tegal, tujuan seminar adalah untuk menggagas kembali peran dan fungsi pendidikan musik dalam konteks kekinian. Seminar ini terselenggara sebagai hasil kerjasama Dewan Kesenian Kota Tegal dan Dinas Pendidikan Kota Tegal. Sebagai wujud nyata kepedulian pemerintah Kota Tegal terhadap pendidikan musik. Seminar juga menyertakan sertifikat ber-credit point dari Dinas Pendidikan Kota Tegal. Hampir semua SMP dan SMA di kota Tegal mengirimkan guru musik untuk menghadiri seminar tersebut. Disamping kehadiran para mahasiswa jurusan pendidikan dari Universitas Pancasakti Tegal.

Seminar diawali dengan slide show tentang profil Miss Jelia Megawati Heru. Juga nukilan konser beliau di Istituto Italiano bulan November yang lalu. Tampilan slide dan nukilan konser membuat peserta seminar terpesona dan berdecak kagum, karena mereka merasakan aura dari "Music from Passion".

Dalam makalahnya, Miss Jelia Megawati Heru memaparkan konsepsi "Music from Passion". Juga pertalian antara musik dan cabang keilmuan lainnya. Dipaparkan juga tantangan pendidikan musik di abad ke-21. Juga standar pendidikan musik disamping berbagai ilustrasi menarik melalui penayangan video.

Antusiasme peserta nampak nyata dari pertanyaan yang diajukan. Seputar situasi pendidikan musik di sekolah tiap peserta. Juga batasan tentang musik yang bermutu. Ada juga peserta yang menyampaikan kecaman pedas bahwa sistem pendidikan musik di Indonesia sudah salah arah dan salah kaprah. Dengan gaya educator yang santun, Miss Jelia menanggapi semua pertanyaan dan sharing peserta dalam koridor professional yang terjaga.

Hasil seminar ini setidaknya dapat memberi gambaran awal yang holistik. Tentang pendidikan musik masa kini dan mendatang. Diharapkan peserta akan mewujud-nyatakan inspirasi yang didapat dari seminar ini.