Monday, February 20, 2012

GOLDEN FINGERS GOES to TEGAL !

DEWAN KESENIAN KOTA TEGAL (DKT) 
AKAN MENGGELAR KONSER ENSEMBEL PIANO
“THE GOLDEN FINGERS” 


Kelompok ensembel piano The Golden Fingers akan tampil di Taman Budaya Kota Tegal, Jawa Tengah pada Minggu, 4 Maret 2012, pukul 19.00 WIB. Perhelatan ini diselenggarakan oleh Komite Seni Musik Dewan Kesenian Kota Tegal. Konser ini diadakan sebagai kelanjutan seminar music education dengan pembicara Jelia Megawati Heru, M.Mus.Edu sebagai perwujudan nyata pada konsep musik yang edukatif. Selain juga sebagai uji coba penggunaan teater arena, sebuah gedung pertunjukan di area Taman Budaya Kota Tegal. Sekaligus mengawali pencanangan program kerja Pemerintah Daerah Kota Tegal yang mencanangkan Tegal sebagai kota wisata, sebagaimana dikemukakan Walikota Tegal H.Ikmal Jaya, SE, Ak.

The Golden Fingers adalah kelompok ensembel piano yang dibentuk oleh Jelia Megawati Heru - seorang music educator dan pianis alumnus Jerman. Beranggotakan para instruktur piano. Jelia sendiri bertindak sebagai director. Konsep yang diusung kelompok ensembel ini adalah “MUSIC FROM PASSION” - bermusik dari hati sebagai ungkapan jiwa. Hal ini nampak dalam pemilihan repertoire dengan genre yang luas. Disamping pengedepanan unsur-unsur edukatif, seperti: perkembangan latihan dan kesan para anggota kelompok; Semuanya disajikan terpadu dalam sebuah blog www.piano-ensembles.blogspot.com 

Dalam konser di Tegal mendatang, Golden Fingers akan membawakan repertoire dari genre Klasik, Pop termasuk Jazz, Musik Kontemporer, dan bahkan Dang Dut. Selain membawakan karya komponis besar seperti Franz Liszt, akan dibawakan juga karya komposer Indonesia Michael Gunadi Widjaja. Semuanya dalam format ensembel piano: 1 piano 4 hands, 1 piano 6 hands, 2 pianos 8 hands, 2 pianos. Ketua Dewan Kesenian Kota Tegal, Nurngudiono mengemukakan, bahwa setidaknya konser ini dapat menjadi sebuah sajian budaya yang mendidik dan dapat memenuhi hasrat masyarakat Tegal dan sekitarnya, terhadap sajian musik yang punya makna bagi kehidupan.