Sunday, July 22, 2012

Inovasi Noteput - the interactive music table with tangible notes

NOTEPUT
The 21st Music Innovation Technology


Baca not balok bikin sakit kepala??? Itu mah sudah kuno…
Kini belajar notasi balok menjadi semakin mudah dan menarik.
How? Meet “NOTEPUT” - the interactive music table with tangible notes!

"NOTEPUT" adalah meja musik interaktif untuk mempelajari notasi balok yang menggabungkan teknologi dan melibatkan ketiga indera manusia, yakni: pendengaran (audio), penglihatan (visual) dan sentuhan (touch). Noteput merupakan proyek tesis dari Hochschule fuer Gestaltung Schwebisch Gmuend Invention Design pada tahun 2009, yang diciptakan oleh Juergen Graef dan Jonas Friedemann Heuer dari Jerman.

Pada noteput tersedia berbagai fitur notasi balok, mulai dari kunci (clef), berbagai nilai not dan tanda istirahat, bahkan tanda aksen serta simbol dinamika lainnya. Masing-masing fitur ini terbuat dari lempengan kayu yang tipis dicat hitam matt dengan bobot yang berbeda-beda, misalnya: not satu ketuk lebih berat dari pada not setengah ketuk. Setiap lempengan kayu memiliki penanda unik di bagian bawahnya (vvvv-patch), yang dapat dilacak dengan kamera di dalam meja. Perangkat lunak ini dapat mendeteksi penanda unik di bagian bawah lempengan kayu tsb dan mampu mendefinisikan posisi dan nilai notasi balok pada garis paranada. Dengan data ini, noteput mengubahnya melalui MIDI menjadi suara (sound).


Noteput memiliki dua fungsi. Pertama, dimana kita bisa menempatkan not-not tersebut di atas meja noteput dan secara eksperimental mengeksplorasi susunan nada yang telah kita tempatkan tsb. (standard mode). Kedua, dimana kita dapat melakukan latihan semacam tutorial berdasarkan topik dan tingkat kesulitan (exercise mode).

 


Untuk mengaktifkan noteput, cukup menempatkan kunci G (treble clef) atau kunci F (bass clef) di atas meja noteput. Begitu notasi balok ditempatkan pada garis paranada (staff/stave), nada-nada itu akan otomatis terdengar. Pada mode standar ini, noteput berfungsi sebagai semacam preview dan catatan orientasi melodi. Jika terdapat beberapa notasi balok di atas meja noteput, kita dapat menekan tombol play dan mendengarkan melodi, nada-nada, dan tanda istirahat dalam hubungan satu sama lain, serta mempertimbangkan nilai not. Selain itu, kita juga bisa mendengarkan melodi tsb dalam berbagai pilihan instrumen yang berbeda, seperti piano, gitar, flute, vibraphone, atau violin. Hal ini akan memudahkan kita untuk membandingkan berbagai melodi yang telah dieksplorasi dan bagaimana perubahan dari notasi tersebut dapat mempengaruhi musik dan suasana (mood & character).

Dasar teoritis untuk proyek ini adalah bahwa hasil pembelajaran yang terbaik merupakan pembelajaran dengan menggunakan kombinasi indera manusia (multi-canal learning). Motivasi seseorang memainkan peranan yanng amat penting dalam proses belajar dan mengingat. Dengan pendekatan belajar mendasar dari bentuk notasi balok sesungguhnya ini, pencipta noteput tidak hanya ingin menjangkau anak-anak untuk tertarik mempelajari musik, tetapi juga publik dan masyarakat awam yang bahkan belum pernah mempelajari musik sekalipun.

 watch the video on youtube: