Saturday, March 19, 2011

Music - Great Way to Relax ...

Cihui...Tidak terasa tibalah hari yang ditunggu-tunggu! Apalagi kalau bukan weekend ya ngga?
Be relax and chill with some music! Weekend here I come... 


Rileks & Santai dengan Musik


Endorphine & Efek Nyaman

Musik tidak hanya menurunkan tingkat zat kimia yang "jelek", tetapi juga dapat menaikkan tingkat zat kimia yang "baik" bagi tubuh. Endorphine adalah  hormon neurotransmitter "baik" yang membantu membawa impuls dalam otak, juga bertanggung jawab dalam membuat kita merasa nyaman. Hormon ini merupakan salah satu obat yang diproduksi tubuh secara alami untuk memberi kita perasaan senang/bahagia. Dengan memainkan musik, produksi  neurotransmitter ini dapat ditingkatkan. "Tidak heran penikmat musik umumnya happy terus, 'gaul', punya kepribadian yang menyenangkan, dan awet muda ya? Amin..."

Melatonin & Tidur
 
Selain membuat kita merasa lebih baik, musik juga dapat membantu kita tertidur. Kali ini produksi hormon yang distimulasi adalah hormon melatonin, yang berfungsi mengatur pola tidur kita. Umumnya tubuh memproduksi zat kimia ini untuk memungkinkan kita tertidur dengan nyenyak. Mungkin inilah salah satu alasan mengapa lagu nina bobo sukses membuat bayi tertidur pulas. Lagu nina bobo mempunyai peranan yang sangat penting dalam belajar dan berkonsentrasi. 

Dalam sebuah penelitian, anak-anak sekolah dasar di Taiwan berpartisipasi dalam mendengarkan musik yang menenangkan selama 45 menit sebelum mereka tidur. Efeknya, mereka menunjukkan kemajuan yang nyata dalam pola tidurnya, yaitu kualitas tidur yang lebih baik dan waktu tidur yang lebih lama.

Apa Yang Terjadi Di Saat Kita Tidur?

Saat kita tidur, tubuh melakukan perbaikan yang dibutuhkan. Racun-racun dibuang dan sel/jaringan dibangun kembali. Otak memproses stress, ketegangan, dan kemarahan yang dialami tubuh dalam kondisi terjaga dan mengurangi efek negatifnya terhadap sistem tubuh. Bila kita menjalani kualitas tidur yang buruk dalam jangka waktu yang lama, maka kesehatan fisik dan mental kita akan terganggu. Kurang tidur akan berdampak pada menurunnya produktivitas, kemampuan menjalankan aktivitas, menikmati hidup, dan juga menurunnya performa kerja serta penampilan kita.  

Menurunkan Kortisol & Stress
 
Pengeksposan dengan musik secara langsung dapat secara dramatis menurunkan hormon pembawa tekanan seperti kortisol, sehingga musisi mempunyai ketahanan mental yang lebih solid dan tahan lama. Para musisi dan music lovers umumnya secara emosional lebih sehat daripada orang yang tidak menikmati musik. Mereka juga mempunyai kepercayaan diri yang lebih tinggi dalam mengerjakan hal-hal di bawah tekanan (seperti: deadline, ujian, konser, dll.), serta menurunkan efek kepikunan dibandingkan orang lain.

Great Way to Sleep

Di akhir hari yang sibuk, musik yang lembut dapat membantu kita beristirahat dengan cara yang menyenangkan, tanpa efek samping dan tanpa menggunakan obat-obatan.

Cobalah tips-tips berikut ini!
  • Pertama-tama, semua alat elektronik selain CD player atau Ipod harus minggir ya... minimal 1 jam sebelum tidur
  • Mendengarkan musik klasik instrumental bertempo lambat, banyak pengulangan. Pengulangan nada yang sama akan membuat pikiran kehilangan fokus dan mudah mengantuk. Misalnya: Erik Satie - Gymnopedie No. 1 dan Claude Debussy - Claire de Lune, Prelude the Afternoon of the Faune.
  • Memutar kumpulan musik favorit di CD atau Ipod Anda. Hindari musik bertempo cepat atau yang memiliki perubahan tempo tiba-tiba! Bila tempo dan karakter nya mirip, pasti akan mendatangkan efek ngantuk. 
  • Musik alami dari suara-suara alam, seperti: suara burung, aliran air,  gemuruh ombak pantai, dan gerimis hujan. Suara alam mempunyai efek relaksasi dan mampu membangkitkan kenangan seseorang.
  • Mendengarkan suara yang menenangkan dan netral, seperti: memasang radio pada sebuah frekuensi di antara dua stasiun - tempat dimana Anda akan mendapatkan desis statik, kecilkan volumenya. Efek yang sama bisa didapatkan dengan menyalakan kipas angin. Bila Anda menganggap suara orang berbicara membuat nyaman, carilah stasiun radio dengan mayoritas program bicara dan volume dikecilkan. Suara-suara netral ini membantu meredam efek kebisingan lingkungan, seperti: suara lalu lintas atau tetangga yang tidak mengenal waktu.
  • Be creative! Feel free to use some aroma-therapy candles and dim the lights! Take a deep breath and just listen the music...

Anda pun bisa bereksperimen dengan diri Anda maupun anak Anda sendiri. Dengarkanlah musik yang tenang (umumnya musik klasik instrumental yang berirama pelan) sambil membacakan buku cerita pada anak Anda. Hal ini akan sangat membantu membawa masa transisi dari kegiatan super sibuk Anda selama satu hari menjadi situasi yang rileks, tenang hingga Anda bisa tertidur pulas. Silahkan mencoba! "Nanti jangan lupa untuk sharing ya, siapa yang tertidur duluan...Yang dibacakan cerita atau justru yang membacakan? hehehe... :)"

Hal ini menunjukkan bahwa tubuh kita dapat menyesuaikan keseimbangan kimia melalui intervensi musik, selain dengan obat-obatan medis. Musik juga mempunyai efek positif yang luar biasa pada kesehatan tubuh dan mental seseorang. Jadi, mulai sekarang sering-seringlah menikmati musik di setiap saat! It's good for your health!

Here is some great music to hear, just lay back and enjoy your relax time with it.... See how it affects and effects you... Have a nice weekend, everyone!

oleh: Jelia Megawati Heru