Saturday, July 1, 2023

Schumann's Advice to Young Musician | by: Jelia Megawati Heru | Staccato, July 2023

“KATA-KATA BIJAK SCHUMANN”
SCHUMANN’S ADVICE TO YOUNG MUSICIAN
By: Jelia Megawati Heru
Staccato, July 2023


Robert Schumann adalah seorang komposer dan kritikus Jerman berwawasan ke depan pada zamannya. Schumann merupakan seseorang yang jenius yang unik tidak hanya karena musiknya yang besar dan beragam, tetapi juga karena ia memperjuangkan dan mendukung musisi lain, serta mengajar, menulis, dan mendorong musisi muda yang bercita-cita tinggi.

 

Walau ia mengalami gangguan bipolar dan tidak pernah menjadi pianis virtuoso seperti yang ia harapkan, ia menulis beberapa musik terhebat di era Romantik untuk piano dan Lieder. Musiknya mengantisipasi banyak tren yang akan berkembang dalam 150 tahun setelah kematiannya, dan banyak komposer besar mengakui pengaruhnya yang revolusioner.

 

Salah satunya pada tahun 1848 Schumann menulis sebuah buku yang berisi nasihatnya untuk para musisi muda “Schumann’s Advice to Young Musicians” (Nasihat Robert Schumann untuk Musisi Muda) untuk mengiringi Albumnya yang populer di masa itu, yaitu “Album für die Jugend, Op. 68” (Album for the Young, Op. 68) – sebuah rangkaian karya piano untuk anak-anak dan siswa. 


Buku itupun masih sangat relevan hingga saat ini. KUNO? Mungkin bahasanya kuno, tetapi saran itu sendiri sangat berharga. Buku ini mengeksplorasi aspek-aspek penting dari kehidupan dan pekerjaan musisi. Mulai dari bagaimana menjadi seorang musisi, tampil di depan publik, berlatih, dan mengaransemen – sesuatu yang menurut Schumann sebaiknya bisa dikuasai dan dilakukan oleh semua musisi. 

Salah satu edisi yang menarik adalah yang ditulis oleh Steven Isserlis, seorang pemain cello kondang. Isserlis mengambil kata-kata bijak Schumann dan menempatkannya dalam konteks modern, menambahkan komentarnya yang bijaksana, cerdas, praktis, dan mendalam. Isserlis mengungkapkan rasa hormat dan antusiasmenya terhadap profesi seni pilihannya dengan realistis, sederhana, dan sensitif. 

 

Ia juga memberikan saran melalui kacamata pengalamannya sendiri sebagai musisi klasik yang mapan, bagaimana musisi masa kini harus bekerja dalam dunia yang semakin sibuk, kompetitif, tidak pasti, dan penuh tekanan. Salah satunya tentang berkolaborasi, menerima umpan balik dari kolega, dan menghargai penonton. Buku ini bisa dijadikan referensi yang menyenangkan dan bijak bagi calon musisi dan pencinta musik dari segala usia.



 

TENTANG BAKAT

Tapi bagaimana kita menjadi musikal? Ini, teman mudaku, adalah hadiah dari atas; Hadiah itu terutama terdiri dari telinga yang halus dan konsepsi yang cepat. Dan karunia-karunia ini dapat dikembangkan dan ditingkatkan. Anda tidak akan menjadi musikal dengan mengurung diri di kamar Anda dan hanya belajar secara mekanik, tetapi dengan hubungan yang luas dengan dunia musik, terutama dengan paduan suara dan orkestra.

 

Dari satu pon besi, yang harganya sedikit, seribu per jam dapat dibuat, yang nilainya menjadi luar biasa. Pound yang telah Anda terima dari Tuhan, gunakanlah dengan setia.

 

Ingat, ada lebih banyak orang di dunia daripada Anda sendiri. Bersikaplah rendah hati! Anda belum menemukan atau memikirkan apa pun yang belum dipikirkan atau ditemukan orang lain sebelumnya. Dan jika Anda benar-benar melakukannya, anggaplah itu sebagai hadiah surgawi yang harus Anda bagikan dengan orang lain.

 

Tidak dapat disangkal bahwa Tuhan telah menganugerahi beberapa orang dengan bakat musik yang lebih alami daripada yang lain; tapi itu bukan alasan bagi yang kurang berbakat untuk berkecil hati. Terlalu banyak musisi muda yang menyalahgunakan bakat mereka, daripada "menggunakannya dengan setia". Bagi beberapa dari mereka, semuanya bisa terasa terlalu mudah, akibatnya mereka menjadi malas, dan akhirnya menjadi pemain yang dangkal. Mereka yang harus bekerja lebih keras seringkali dapat berkembang dengan lebih menarik.

 

TENTANG KEKAYAAN

The object of art is not to acquire wealth. Become a great artist, and other things will come. Objek seni bukanlah untuk menghasilkan kekayaan. Jadilah seniman yang hebat, dan semua hal lainnya akan datang.

 

Jika mendapatkan banyak uang adalah tujuan utama Anda sebagai musisi klasik, maka Anda berada di profesi yang salah. Hal yang sama berlaku untuk tepuk tangan: itu indah, dan saya tidak tahu ada musisi yang tidak menikmati sambutan yang antusias (bahkan jika mereka berpura-pura tidak), tetapi hal itu tidak boleh menjadi tujuan utama.

 

Pendekatan musik yang jujur ​​mungkin tidak selalu membuat penonton menjadi senang, tetapi itu membuat mereka lebih bijaksana. Orang-orang dengan kepekaan musik akan merasakan ketulusan Anda dan tergerak olehnya; dan menggerakkan orang lebih penting daripada membuat mereka terkesan.



TENTANG KESOMBONGAN & POPULARITAS

Cintai instrumen Anda, tetapi jangan terlalu sombong untuk menganggapnya sebagai yang terhebat dan satu-satunya. Ingatlah bahwa ada orang lain yang sebaik milik Anda. Ingat juga bahwa penyanyi itu ada, dan musik paduan suara dengan orkestra adalah musik yang paling luhur. Pikirkan Bach's Passions atau Beethoven's Missa Solemnis: musik tidak bisa lebih baik dari itu. 

 

Di tahun-tahun yang lebih dewasa, jangan memainkan hal-hal sepele yang modis. Waktu itu berharga. Kita harus menjalani seratus kehidupan, hanya untuk mengenal semua perbuatan baik yang ada. Semua yang hanya modis akan segera ketinggalan zaman, dan jika Anda mempraktikkannya di usia tua, Anda akan terlihat seperti pesolek yang tidak dihargai siapa pun.

 

TENTANG LATIHAN

Play always as if in the presence of a master.

Mainkan selalu seolah-olah di hadapan seorang master. Bagaimana latihan di hadapan seorang master akan memengaruhi pekerjaan kita? Apakah kita harus selalu bermain di depan seorang master? Bukan. 

 

Maksud dari kalimat ini adalah tidak ada gunanya berlatih tanpa konsentrasi, tanpa tujuan khusus dalam pikiran; memainkan lagu dengan buruk beberapa kali akan jauh lebih berbahaya daripada sedikit berlatih, karena hal itu hanya akan memperkuat kebiasaan buruk, dan membuatnya lebih sulit untuk dihilangkan. Berusaha keras untuk memainkan karya yang mudah dengan baik dan elegan; itu lebih baik daripada memainkan bagian yang sulit dengan buruk.

 

Kita harus menjadi guru kita sendiri, bertanya pada diri kita sendiri mengapa kita mengulangi suatu bagian, apa yang salah dengan itu sebelumnya, dan bagaimana kita memperbaikinya? Janganlah mengulang 1000 kali tanpa tujuan dan tetap bermain salah pada akhir latihan kita. Berlatihlah secara efektif dan efisien! Mengenai pilihan dalam mempelajari karya Anda, mintalah nasihat dari orang yang lebih berpengalaman daripada diri Anda sendiri; dengan demikian, Anda akan menghemat banyak waktu.

 

Ketika Anda telah menyelesaikan pekerjaan musik Anda dan merasa lelah, jangan memaksakan diri lebih jauh. Lebih baik beristirahat daripada bekerja tanpa kesenangan dan semangat.

 

Sering memainkan fugues dari master yang baik, terutama dari JS. Bach. Biarkan "Harpsichord yang pemarah" menjadi makanan harian Anda. Dengan cara ini Anda pasti akan menjadi mahir.



TENTANG TEMPO

Mainkanlah musik dengan tepat waktu! Permainan dengan banyak virtuoso menyerupai jalan orang mabuk. Anda mungkin bermain terlalu lambat atau terlalu cepat; namun keduanya adalah sebuah kesalahan.

 

TENTANG MUSIK TEORI

Pelajari prinsip-prinsip dasar harmoni. Jangan takut dengan kata-kata teori, counterpoint, dll.; Anda akan memahami makna penuhnya pada waktunya. Perkuat imajinasi Anda sehingga Anda tidak hanya dapat mempertahankan melodi komposisi, tetapi bahkan harmoni yang dimilikinya.

 

TENTANG TANGGA NADA

Sering-seringlah berlatih skala dan latihan jari lainnya; tetapi ini saja tidak cukup. Latih tangga nada dan senam jari lainnya dengan rajin; tapi itu saja tidak cukup. Ada banyak orang yang berpikir bahwa mereka dapat memperoleh hasil yang luar biasa dengan cara ini, dan menghabiskan berjam-jam dalam pekerjaan mekanis seperti itu setiap hari, hingga usia tua. Itu setara dengan mencoba melafalkan alfabet lebih cepat setiap hari! Anda dapat menggunakan waktu Anda dengan lebih bermanfaat.

 

Ya memang seseorang benar-benar harus melakukan beberapa skala dan latihan setiap hari, hanya untuk mendisiplinkan jari (atau suara); tetapi kabar baiknya adalah bahwa mereka seharusnya tidak memakan waktu terlalu lama – mereka hanyalah sarana untuk mencapai tujuan yang jauh lebih tinggi. Anda harus selalu harus tahu mengapa Anda melakukannya. Pikirkanlah tangga nada sebagai rutinitas olahraga yang dimulai setiap hari seperti menyikat gigi yang membutuhkan waktu sekitar 10 menit dan kemudian Anda siap untuk melakukan pekerjaan kreatif Anda yang sebenernya.

 

Berlatih tangga nada akan memungkinkan Anda memberikan kebebasan untuk mendapatkan ketepatan yang dibutuhkan sesuai dengan intepretasi yang diinginkan. Tetapi tidak memberikan garansi 100% Anda memiliki teknik yang tinggi. Budidaya telinga adalah yang paling penting. Usahakan lebih awal untuk membedakan setiap beberapa nada dan kunci.


Clara Schumann & Robert Schumann


TENTANG PEMAHAMAN MUSIK

Jika musik Anda berasal dari hati dan jiwa Anda, dan apa yang Anda rasakan sendiri,— itu akan bekerja pada orang lain dengan cara yang sama. Namun bukan hanya hati dan jiwa – pikiran Anda juga perlu dilibatkan; ketiganya harus bekerja sama agar Anda dapat menciptakan musik atau menciptakan kembali karya yang Anda tafsirkan. Anda harus dapat memahami karya musik di atas kertas.

 

Adalah baik jika Anda memiliki suara bicara yang bagus, tetapi yang penting adalah apa yang Anda katakan. Audiens Anda tentu saja harus mendengar penampilan Anda dengan jelas, tetapi jangan bermain sekeras mungkin setiap saat. Ketika hal itu terjadi, maka musik akan kehilangan artinya. 

 

Jangan berpikir bahwa untuk menjadi mendalam Anda harus selalu menjadi gelap dan tertekan. Benar, hal-hal buruk terjadi di dunia kita, dan musik di zaman kita sepertinya mencerminkan hal itu. Tetapi hal-hal buruk selalu terjadi di sekitar kita. tetapi jangan berpikir Anda dangkal jika Anda gagal membuat pendengar jatuh ke dalam lubang kesuraman. Fauré merasa bahwa tujuan akhir dari musik – dari semua seni, pada kenyataannya, tetapi khususnya musik – adalah “untuk mengangkat kita sejauh mungkin di atas yang ada”.

 

There is no end to learning

Tidak ada akhir untuk belajar. Benar sekali. Sampai seseorang menghembuskan nafas terakhirnya.