Wednesday, April 1, 2020

LET'S ROCKING BANDUNG! | Rockschool Piano & Acoustic Guitar Workshops | Bandung, March 16, 2020

“LET’S ROCKING BANDUNG!”
Liputan Staccato Piano & Acoustic Guitar Workshop Rockschool
di Bandung, 16 Maret 2020



ROCKSHOOL LIMITED (RSL) representatif Indonesia, menyelenggarakan seminar dan informational workshop pada 16 Maret 2020. Acara ini bertempat di Auditorium Indra Music School, kawasan Jalan Progo, Bandung. Seminar dan informational workshop yang digelar, secara khusus mengupas dan mengupas semua aspek dari RSL untuk instrument Piano dan Akustik Gitar. 


Rockschool Piano Workshop
1st batch, 2020 

Nara sumber untuk instrumen Piano adalah Jelia Megawati Heru M.Mus.Edu. Beliau adalah music educator alumnus Jerman, pianis, dan penulis.  Sedangkan nara sumber untuk Akustik Gitar adalah Michael Gunadi Widjaja, Dip.ABRSM. Beliau adalah komposer yang berkali-kali mewakili Indonesia di kancah panggung komposer dunia, sekaligus asesor musik nasional.

Jelia Megawati Heru, M.Mus, Edu
dalam memberikan workshop RSL

Untuk sebuah penyelenggaraan event musik yang sifatnya akademis, apresiasi terhadap acara ini tergolong sangat memuaskan. Para peserta adalah para guru Piano dan Akustik Gitar. Bukan saja berasal dari lokal Bandung, melainkan dari Jakarta, dan bahkan dari Jawa Tengah, yang menyempatkan diri mengikuti sesi akademis oleh RSL ini.


Keadaan ini dapat dimaknai sebagai antusiasme kalangan guru musik dan juga keinginan yang besar dari para guru musik untuk mendapat referensi keilmuan dan pencerahan dalam profesinya. Perhatian penuh dari para peserta ini sudah nampak sejak awal tiap materi, yakni berupa sambutan dan keterangan tentang profil RSL yang dibawakan oleh Bapak Andy Jobs selaku Direktur Rockschool Representatif Indonesia.

Bapak Andy Jobs (RSL Representative in Indonesia)

Jelia Megawati Heru, secara khusus membedah tuntas silabus Piano dari RSL. Penyajian materinya terfokus pada debut, grade 1, dan grade 2, karena dalam level inilah segala keperluan dasar dalam bermain piano non Klasik, harus benar-benar berada dalam besaran kompetensi yang terukur dengan semestinya. Dibedah dan dikupas serta diulas aspek teknis dan musikalitas dalam bermain Piano non Klasik. 

Peserta Workshop mendapatkan
merchandise dari Rockschool

Para peserta yang sebagian terbesar adalah instruktur Piano klasik, dalam beberapa hal nampak canggung dan terbata-bata, terutama dalam masalah Groove dan sinkopasi ritmis. Hal ini nampak nyata saat peserta diminta untuk melakukan permainan materi silabus secara interaktif. Demikian juga dengan subyek materi Sight Reading. Pada piano non Klasik, Sight Reading ini bisa menjadi hal yang menakutkan bagi para guru yang terbiasa mengajar Piano Klasik. Dalam sesi tanya jawab, semua persoalan, uneg-uneg dan bahkan opini kritis dari para peserta, ditanggapi dengan respon sangat professional dan tepat oleh Jelia.

Michael Gunadi Widjaja, Dip.ABRSM

Berbeda dengan suasana materi makalah Piano, suasana di Akustik Gitar lebih santai dan bersahaja. Michael Gunadi menunjukkan kedalaman ilmu musik nya sebagai seorang komposer dan gitaris papan atas Indonesia, dengan mengupas detail sembari memberi arahan penting pada peserta yang melakukan interactive performance. Sesekali, Michael Gunadi memberi humor dan hal lucu yang membuat peserta menjadi tetap segar hingga akhir acara.

Rockschool Acoustic Guitar Workshop
1st batch, 2020

RSL sebetulnya adalah lembaga sertifikasi musik internasional yang paling representatif dalam bidang musik non Klasik. Pop, Rock, Jazz, dan semua genre non Klasik. RSL mengkhususkan diri pada standarisasi kompetensi musik untuk skala ukuran industri musik. Sertifikasi itu sendiri, seiring dengan berjalannya waktu dan peradaban, menjadi hal yang mutlak untuk semua profesi di zaman sekarang. Dan RSL dengan event di Bandung, telah menggemparkan Bandung ‘ROCKING BANDUNG’. Dengan konsep kompetensi Musik Kontemporer yang tak terbatas waktu dan tak lekang oleh waktu dalam ranah edukasinya.