Wednesday, July 4, 2012

THE BIG (WALKING) PIANO

THE BIG (WALKING) PIANO 


Big (Walking) Piano adalah sebuah musik instrumen yang diciptakan pada tahun 1976 oleh Remo Saraceni - seorang designer kinetik Italia-Pennsylvania. Dia menciptakan sebuah alat musik revolusioner yang menggabungkan tiga unsur seni, yakni musik, tari dan bermain. Piano ini dimainkan dengan cara yang unik - bukan dengan jari-jari tangan, melainkan dengan kaki, bahkan dengan sepatu maupun berkaus kaki, serta menghasilkan cahaya pada nada yang dimainkan (lampu menyala). Menarik, bukan?

Karena sensibilitasnya dalam keras lembutnya bunyi yang dihasilkan dan kemampuannya menghasilkan bunyi chord seperti layaknya piano pada umumnya, maka siapapun dijamin dapat memainkan instrumen ini - mulai dari bayi merangkak di atasnya sampai dengan anak usia tiga tahun melompat di atasnya untuk menghasilkan efek staccato (detached notes).

The Big Piano by Remo Saraceni
@ Calgary Stampede, Canada

The Walking Piano mempunyai keistimewaan tersendiri, karena piano ini dapat mempengaruhi orang-orang yang memainkannya secara positif, membawa mereka ke dimensi dunia yang lain - dunia anak-anak dan bernostalgia; dunia yang penuh canda, tawa, lucu, dan menyenangkan. Sungguh pengalaman yang unik dan menyenangkan!

Peter Ustinov Omni, host dari acara "The New Frontier", menyebutnya sebagai "mainan bagi pikiran" dan "sumber kenikmatan bagi jiwa manusia." 


The Movie "BIG" (1988)
The walking piano menjadi icon bagi jutaan orang sejak muncul dalam sebuah scene layar lebar komedi romantis "BIG" (1988) lewat akrobat Josh Bashkin (seorang bocah berusia 12 tahun yang berubah menjadi 30 tahun dalam satu malam; diperankan oleh Tom Hanks) dan Mr. McMillan (tokoh pemilik toko mainan yang diperankan oleh Robert Loggia). Sejak saat itu the walking piano telah menjadi bagian dalam jutaan hati publik di seluruh dunia sampai detik ini. The walking piano yang orisinil terdapat di Papalote Children Museum, Mexico City.


Tom Hanks & Robert Loggia on the scene "BIG"
perform "Heart & Soul" and "Chopstick"



THE EVOLUTION of BIG PIANO

The walking piano tidak hanya merupakan sebuah fenomena media, tetapi merupakan sebuah penemuan besar yang menjadi cikal bakal ide bagi pendidikan musik, khususnya piano di masa kini. Prinsip the walking piano telah berevolusi menjadi portable roll e-piano, keyboard yang menyala bagi seseorang yang memulai pelajaran musik dengan LCD tuts piano digital, music games with touch screen technology pada iPad/iPhone yang berbentuk menyerupai tuts piano, dan bahkan permainan Wii... 

portable roll electric piano

glowing keys on digital piano
 

 piano keys on iPhone
 

iPad reader & piano portable
 

Wii games - playing drums