Tuesday, January 31, 2012

10 Alasan Pentingnya Pendidikan Musik Bagi Anak

10 ALASAN PENTINGNYA 
PENDIDIKAN MUSIK BAGI ANAK 


 

  • Korelasi yang pasti antara naiknya nilai tes matematika dan lamanya waktu yang diinvestasikan di kelas pendidikan seni pada siswa SD yang terdaftar dalam program yang berbasis seni. "Arts Exposure and Class Performance," Phi Delta Kappan, October, 1998.
    • Siswa yang mempelajari musik mampu melakukan ritme yang kompleks, mampu membuat koreksi lebih cepat, serta akurat dalam berbagai kondisi akademik dan fisik lainnya. Center for Timing, Coordination, and Motor Skills, 2000.
      • Siswa yang mempelajari musik mencapai nilai tes yang lebih tinggi, dibandingkan siswa yang tidak mempelajari musik - tanpa memandang latar belakang sosial ekonomi. Dr James Catterall, UCLA. 
        • Siswa yang mendapatkan instruksi musik harian di sekolah umum memperoleh nilai yang lebih tinggi dalam tes kreativitas daripada siswa yang tidak menerima instruksi musik. K.L. Wolff, The Effects of General Music Education on the Academic Achievement, Perceptual-Motor Development, Creative Thinking, and School Attendance of First-Grade Children, 1992.   
          • Sebuah studi meneliti apa pengaruh/efek seorang guru musik bagi siswa Afrika-Amerika. Dalam penelitian ini ditemukan bahwa 36% siswa minoritas menganggap guru musik sekolahnya sebagai figur/panutan (role models), dibandingkan dengan 28% untuk guru bahasa Inggris, 11% untuk guru sekolah dasar, dan 7% untuk guru olahraga. "Music Teachers as Role Models for African-American Students," Journal of Research in Music Education, 1993.  
            • Siswa yang mendapatkan pendidikan dengan kurikulum berbasis seni mempunyai persepsi yang lebih baik tentang kemampuan/prestasi akademisnya (personal achievement) Pamela Aschbacher and Joan Herman, The Humanitas Program Evaluation, 1991. 
              • Peningkatan nilai keterampilan membaca yang signifikan pada siswa SD yang menerima pelatihan musik selama 6 bulan. Sheila Douglas and Peter Willatts, Journal of Research in Reading, 1994. 
                • Siswa yang memiliki keterampilan ritmik memiliki kecenderungan untuk merencanakan, mengatur, dan mengkoordinasikan kegiatan, sikap, tindakan yang lebih baik serta terperinci dalam kehidupan pribadi mereka (personal lives arrangement
                  "Cassily Column", TCAMS Professional Resource Center, 2000.
                  • Pada sebuah penelitian pada mahasiswa di Universitas Columbia, disimpulkan bahwa mahasiswa yang terdaftar dalam kelas berbasis seni mempunyai sikap yang lebih kooperatif dengan para guru dan teman sebayanya, lebih percaya diri, dan lebih mampu mengekspresikan ide-ide mereka - terlepas dari status/tingkat sosial ekonomi mereka. The Arts Education Partnership, 1999.

                  • Dalam sebuah penelitian di majalah Newsweek, para ahli menunjukkan bahwa tahun-tahun awal perkembangan neuron otak pada anak-anak merupakan peluang yang terbaik untuk mencapai potensi mereka secara optimal. Pendidikan musik sejak dini akan memberikan pengalaman yang mereka butuhkan untuk mencapai potensi terbaik mereka di masa yang akan datang untuk menjadi individu yang berkualitas.  Newsweek Magazine


                          *Sumber: 
                          http://makingmusicfun.net/htm/f_mmf_music_library/ten-reasons-kids-benefit-from-music-instruction.htm