Thursday, March 17, 2011

STAY HEALTHY with MUSIC!

THE HEALING MUSIC

Musik itu indah dan nikmat! Musik dapat mengubah tubuh kita: secara fisik, mental, bahkan secara kimia. Musik telah lama dikenal sebagai alat terapi yang hebat. Telah terbukti secara ilmiah, bahwa musik bisa membantu mencegah, meringankan, dan menyembuhkan berbagai penyakit serta ketidakberesan pada tubuh dan mental kita. Musik juga membuat Anda melihat hidup lebih positif, membantu performa kerja yang lebih baik, menjadi manusia yang lebih baik dan menyenangkan.

Jonathan Goldman, dalam bukunya "Healing Sound" (1996) menulis bahwa:
"Suara dan musik sekarang banyak digunakan untuk meningkatkan proses belajar, mengobati stress, rasa sakit, dan membawa kesembuhan

Keselarasan Musik & Tubuh
Bukan hanya musik Jazz saja yang mengalami reharmonisasi atau penyelarasan, tubuh kita pun demikian.

Fenomena penyelarasan ini ditemukan oleh Christian Huygens, seorang ilmuwan Belanda (1665) yang memperhatikan bahwa dua buah lonceng pendulum yang berdiri berdampingan akhirnya akan bergerak secara bersamaan. 

Penyelarasan dalam musik akan terjadi ketika suasana hati Anda akan mengalami penyesuaian dengan tipe musik yang Anda dengarkan secara berangsur-angsur dan mengubah musik untuk mencerminkan suasana emosional yang diharapkan.


Wayne Perry, seorang MC acara radio "Heartouch" menyatakan bahwa:
"Semua rasa sakit dan penyakit yang timbul diakibatkan oleh tidak adanya harmonisasi vibrasi dalam tubuh, atau sering disebut sebagai disonansi (dissonance) pada suatu atau bahwa semua tahap - fisik, emosional, mental, dsb."
Di bawah mikroskop, sel kanker terlihat "tidak teratur/sinkron, berpencar-pencar, dan buram", sedangkan sel yang sehat bergerak secara harmonis dan seimbang.
Menyuarakan nada bisa membantu tubuh menjadi harmonis kembali, termasuk berkurangnya stress, hilangnya rasa sakit, kesepian, depresi bertambahnya energi, performa kerja yang lebih baik, menjernihkan pola pikir (tenang & optimis), kesanggupan membuat keputusan yang lebih baik, mengekspresikan diri, dan menghargai diri sendiri.
Musik bukan hanya sekedar bunyi, tetapi merupakan getaran udara  (vibration) yang harmonis. Harmoni musik yang setara dengan irama internal tubuh, akan memicu hormon "baik" pada tubuh kita dan memberikan rasa rileks, nyaman, tenang dan bahagia. Nah, terapi gelombang vibrasi suara mampu mempengaruhi irama internal tubuh hingga menjadi seimbang kembali (vibrasi normal dan sehat).

Ritme musik yang cepat akan membuat irama tubuh kita bekerja lebih cepat, demikian pula sebaliknya. Oleh karena itu, apabila Anda termasuk orang yang bergerak cepat, bekerja dengan deadline, dan tingkat stress yang tinggi - Anda bisa menetralisir irama tubuh Anda dengan mendengarkan musik bertempo lambat. Apabila vibrasi dan harmoni yang digunakan dalam sebuah lagu tepat, si pendengar akan merasa nyaman dan rileks. 

Berikut ini beberapa contoh musik yang bisa memberikan efek terapi:
  • Meditasi & senandung - memberikan pengaruh positif bagi pernafasan & mengurangi stress
  • Musik era Barok (JS. Bach, Haendel, Vivaldi) dengan irama yang stabil dan beraturan dapat membangkitkan rasa aman
  • Musik era Klasik (WA. Mozart, Beethoven, Haydn) dapat membangkitkan daya ingat dan menjaga keharmonisan suatu hubungan
  • Musik era Romantik (Franz Liszt, Tschaikovsky, Chopin) yang lembut dan romantis dapat membangkitkan rasa simpati dan cinta
  • Musik beraliran Jazz, Blues, R & B, Reggae, dan Calypso dapat membangkitkan semangat
  • Musik beraliran Salsa, Rhumba, Mambo, Cha-Cha, Macarena, Meringue, Samba, dan Tango yang eksotis mampu memacu gairah hidup seseorang
  • Musik religi dapat mendekatkan diri seseorang pada TUHAN
  
Hubungan pikiran dan tubuh
 
Ternyata stress, pesimis, panik, dan depresi bisa menyebabkan kanker lho! Bahan-bahan kimia otak akan menyampaikan pesan ke sistem kekebalan tubuh kita. Apabila pesan yang dikirim negatif, maka sel-sel kanker bisa tumbuh dengan subur. Ternyata kuncinya ada pada suasana hati yang ceria untuk hidup sehat. Habis baca ini, siapa yang mau stress lagi hayo?

Nah, apa lagi yang bisa bikin suasana hati jadi enak, murah meriah, tanpa efek samping? "MUSIK!!!" Musik dapat membantu mengendalikan mood, suasana hati, pikiran, emosi,  dan juga perilaku kita.  Musik dapat menyentuh emosi terdalam jiwa seseorang. 

Para terapis musik berlinsensi membantu mendorong kesembuhan para pasien nya melalui mendengarkan musik, bergerak mengikuti iramanya, melantunkan nada, bersenandung, dan bermain musik. 

Nah, lain kali kalau kejebak macet, coba deh setel radio atau putar CD! Mendadak, badan kita akan refleks gerak-gerak sendiri mengikuti irama, ikutan humming and bernyanyi. Serasa kita vokalisnya, stress jadi jauhhh, dan hidup jadi tidak begitu gila & menakutkan. (Sing) "Wohooo.... Don't worry, be happy..." 
oleh: Jelia Megawati Heru