Pages

Thursday, September 1, 2022

Sepuluh Pianis Klasik yang Mengguncang Dunia | by: Jelia Megawati Heru | Staccato, September 2022

SEPULUH PIANIS KLASIK YANG MENGGUNCANG DUNIA 
By: Jelia Megawati Heru
Staccato, September 2022

 

Mendengarkan berbagai artis piano adalah cara yang baik untuk tetap terinspirasi sebagai musisi atau bahkan seseorang yang hanya suka mendengarkan musik. Namun membuat daftar sepuluh pianis klasik terbaik dunia adalah tugas yang sangat sulit. Adalah mustahil untuk mencapai kesepakatan universal mengenai ‘terbaik’ dalam semua hal, terutama jika menyangkut sesuatu yang artistik dan ada begitu banyak pianis yang sangat hebat di dunia. 

 

Saat ini ada ratusan, bahkan ribuan pianis dari seluruh penjuru dunia. Tidak mungkin memilih satu orang pianis terbaik dunia. Ada banyak faktor yang perlu dipertimbangkan, mulai dari komposisinya, kontribusinya, genre, repertoar, dan pencapaiannya bagi dunia piano. Seiring berjalannya waktu, karakter dan sifat dasar bermain piano pun mulai berubah. Generasi pianis yang baru membawa warna, karakter, sensitivitas, dan kreativitas tersendiri terhadap tradisi bermain piano sebelumnya. Inilah daftar sepuluh pianis klasik yang mendunia.


 

1. CLAUDIO ARRAU

Pianis asal Chili yang ini membaca musik sebelum dia bisa membaca kata-kata. Bakat Arrau pada usia delapan tahun begitu maju, pemerintah Chili mengirimnya untuk pergi ke Berlin untuk mendapatkan guru terbaik, Martin Krause, seorang murid Liszt, adalah seorang ayah baginya, memperkenalkannya pada berbagai macam budaya dan membantunya mengembangkan teknik transendentalnya. 




Ia membangun reputasi internasional yang luar biasa, terutama setelah Perang Dunia II. Meskipun dia bisa memainkan karya-karya virtuoso yang mempesona dengan yang terbaik dari para pesaingnya, dia terobsesi dengan karya Beethoven dan – di akhir hidupnya, karena dia menganggap Schubert sebagai 'tantangan tertinggi'.

 

Arrau adalah Faustian di antara pianis, selalu tidak puas dan terganggu, sambil mengembangkan kehangatan dan kedalaman nada yang unik. Di akhir hidupnya ia membuat serangkaian rekaman yang layak untuk didengarkan seumur hidup. Nada suaranya yang unik digambarkan memiliki ketebalan, orkestra, timbre, dan sangat memukau. Arrau sangat serius dengan karir musiknya, dia bahkan tidak akan meninggalkan pianonya untuk makan kecuali makanan itu dibawakan kepadanya. 



2. VLADIMIR HOROWITZ

Ada alasan kuat yang harus dibuat agar Vladimir Horowitz dinobatkan sebagai pianis terhebat sepanjang masa. Dia melakukan debutnya pada tahun 1920 dalam resital solo di Kharkiv. Dia memberikan debutnya di AS pada tahun 1928 di Carnegie Hall dan dia kemudian menjadi warga negara Amerika. Dia terkenal karena penampilannya dalam karya-karya Romantis termasuk musik oleh Chopin, Rachmaninov, dan Schumann.

 

Ketika Horowitz muncul dari Kiev untuk memulai karir internasionalnya pada tahun 1920-an, ia menarik perhatian banyak orang sebagai penghubung langsung ke sekolah Rusia abad ke-19 yang dicontohkan oleh Anton Rubinstein, yang dikenal karena pendekatannya yang bebas terhadap ritme, dinamika, dan ekspresi.


Horowitz memiliki hubungan khusus dengan penonton di acaranya, karena ia terkenal melibatkan penontonnya selama penampilannya. Dia memiliki kemampuan unik untuk mengubah penampilan solo menjadi konser yang menarik di mana semua orang yang hadir terlibat.

 

Horowitz memiliki bakat untuk mengajar pianis terkemuka lainnya, seperti Nico Kaufmann, Byron Janis, Gary Graffman, Coleman Blumfield, Ronald Turini, Alexander Fiorillo, dan Ivan Davis. Dia bahkan membawa beberapa muridnya ke atas panggung bersamanya saat konser.

 

Horowitz juga membuat berbagai rekaman sepanjang karirnya dengan NBC Symphony Orchestra dan di bawah komposer terhormat Toscanini. Dia juga merekam berbagai konser untuk Columbia Records dan Sony Classical.

 


3. MARTHA ARGERICH

Lahir di Argentina pada tahun 1941, pianis wanita terkenal Martha Argerich mulai bermain piano pada usia tiga tahun dan, pada usia delapan tahun, memainkan konserto pertamanya – Konser Piano Mozart di D Minor.

 

“Ekplosif, mencengangkan dan memesona” - ini adalah beberapa kata sifat yang biasa digunakan oleh para kritikus untuk menggambarkan musik pianis Argentina Martha Argerich. Tidak diragukan lagi salah satu penafsir paling karismatik di zaman kita, Argerich mencapai pengakuan internasional pada usia dini setelah pindah ke Eropa dan memenangkan hadiah pertama di kompetisi piano Busoni dan Jenewa pada akhir 1950-an.

 

Dunia terbangun dengan bakat fenomenal pianis Argentina, Martha Argerich pada tahun 1965 ketika dia memenangkan Kompetisi Piano Chopin Internasional di Warsawa, Polandia pada usia 24. Martha Argerich dapat dianggap sebagai Beethoven berikutnya, karena dia adalah salah satu pianis paling terkemuka di dunia Musik Klasik. Seorang murid dari Friedrich Gulda pianis Austria yang provokatif, yang masih dianggapnya sebagai pengaruh pianistik terbesar dalam hidupnya.

 

Setelah menjalani jadwal resital yang berat dalam tur kemenangan kompetisi piano Chopin nya, Argerich menolak gagasan mengejar karir sebagai pianis solo. Menurut mantan rekannya, pianis Amerika Stephen Kovacevich, dia hanya membenci gagasan sendirian di atas panggung dan sejak saat itu dia memusatkan perhatiannya pada bermain konserto dan musik kamar. Perbendaharaannya sangat beragam, terbentang dari Bach hingga Shostakovich dan menunjukkan komitmen khusus kepada Schumann

 

Terkenal tertutup dan enggan untuk mengikuti hype publisitas konvensional yang sering dikaitkan dengan musisi klasik kontemporer, dia sangat murah hati dalam memelihara bakat muda melalui rangkaian konser tahunannya di Festival Lugano. Ia  bukanlah orang suka yang mendapat sorotan, karena dia sering menghindari penampilan publik seperti wawancara dan publisitas. 

 

4. DANIEL BARENBOIM

Seperti kontribusi Einstein dalam dunia fisika, begitulah kontribusi seorang Daniel Barenboim bagi Musik Klasik abad ke-20. Daniel Barenboim telah menjadi pianis/konduktor yang telah menjadi inspirasi dan pengaruh bagi dunia Musik Klasik selama beberapa dekade. Barenboim lahir di Buenos Aires pada tahun 1942 dan mulai belajar piano sejak tahun 1947 dengan Ibunya dan kemudian Ayahnya. Hebatnya, Ayah Barenboim adalah satu-satunya guru instrumentalnya. Kedua orang tuanya adalah pianis, dan ayahnya adalah seorang profesor musik dengan reputasi dan kedudukan yang baik.

 

Titik balik bagi pianis muda itu terjadi pada tahun 1954 di Salzburg ketika Barenboim menjadi musisi termuda yang mengikuti kelas konduktor bergengsi yang diselenggarakan oleh Igor Markevich. Pada tahun yang sangat penting inilah Barenboim juga bertemu dengan Wilhelm Furtwängler, seorang konduktor legendaris yang menggambarkan anak ajaib berusia 11 tahun itu sebagai 'fenomena'.

 

Mulai tahun ini, Daniel Barenboim memulai perjalanan menuju kehebatan yang mencakup studi dengan Nadia Boulanger di Paris, dan pada pertengahan 1950-an pertemuan dengan Leopold Stokowski yang menyampaikan undangan pertunjukan yang meluncurkan karir pertunjukan Barenboim. Dia memulai debutnya sebagai pianis pada usia tujuh tahun dan membuat debut Royal Philharmonic-nya di London pada tahun 1956 dan debutnya di Amerika pada tahun 1957 di Carnegie Hall.

 

Repertoar Barenboim benar-benar tidak pernah berakhir karena kejeniusan teknisnya memungkinkannya menguasai hampir semua komposer terhebat di zaman kita. Sonata Mozart dan siklus konser piano untuk EMI dan The English Chamber Orchestra pada tahun 1967, dan kemudian, putaran yang mungkin lebih sukses dengan Teldec dan The Berlin Philharmonic di awal tahun 80-an. 

 

Pada tahun 1960 ia melakukan siklus lengkap di Tel Aviv. Siklus penuh Beethoven Sonatas dalam DVD-nya harus dimiliki oleh setiap kolektor musik. Pada tahun 1966 Barenboim menikahi pemain cello luar biasa Jacqueline Du Pré dengan siapa dia tampil secara teratur sampai kematiannya pada tahun 1987 dengan multiple sclerosis. Mungkin tidak ada pianis/konduktor lain yang mengarahkan pianis, yang dapat menandingi otoritas dan kendalinya atas musik dan orkestra sebaik dirinya.

 

Ciri khas permainan Barenboim langsung terlihat oleh penggunaan intuitif dan ketepatan jari-jarinya pada keyboard. Keheningan tak terukur dan kontras dinamikanya berkembang menjadi ledakan tanda baca yang indah namun tegas. Pikiran dan jari Barenboim bekerja sebagai satu ekspresi total—seperti mentega “gurih” yang lumer berpadu dengan orkestra. Tentu saja, ingatannya yang fenomenal tentang partitur lengkap tidak diragukan lagi membantunya untuk melengkapi konsentrasinya yang ekstrem, membawanya, musik, dan penontonnya ke garis depan setiap pertunjukan.

 


5. GLENN GOULD

Jika pernah ada seorang pianis yang “memecah belah” penggemar Musik Klasik, Glenn Gould adalah orangnya. Pianis Kanada ini terkenal karena penampilannya dalam musik J.S. Bach, dan khususnya Variasi Goldberg. Tapi dia juga terkenal karena bersenandung saat dia bermain, tampil di kursi kecil yang dia bawa ke semua konsernya dan tuntutannya yang tinggi untuk rekaman dan kondisi pertunjukan. 

 

Bernstein menyebutnya 'hal terbesar yang terjadi pada musik selama bertahun-tahun'. Ia sering dicap sebagai seorang pemberontak, karena menendang melawan norma Bachian yang berlaku. Versi Bach ala Glenn Gould merupakan campuran analisis forensik dan transparansi yang mempesona.

 

Dia dianggap sangat kreatif, eksentrik, dan berpendirian teguh, karena memiliki suara yang unik diciptakan dalam imajinasinya. Gould akan tercatat dalam sejarah sebagai salah satu pianis paling berpengaruh di dunia, saat ia membawa rasa takjub dan level yang baru ke dalam dunia piano. Dia merupakan salah satu pianis terbaik dunia, tapi tentu saja dari Era Modern.

 

Pendekatan Glenn Gould dalam bermain piano berbeda dari kebanyakan orang, karena ia lebih suka membaca dan belajar piano daripada bermain secara langsung. Dia sering dapat berlatih piano secara mental dan tidak dapat memahami mengapa rekan-rekan pianisnya perlu bermain piano setiap hari.

 

Karena keunggulannya sejak dini, banyak yang menyebutnya sebagai anak ajaib, karena ia dianggap sebagai pianis yang brilian, bahkan pada usia muda. Gould memiliki berbagai pengaruh pada ritme dan suara, seperti Arthur Schnabel. Dia menolak sebagian besar pemain piano Romantis seperti Chopin dan Liszt. Ia lebih memilih Bach dan Beethoven.

 

Chopin, Liszt, Mozart, dan Schumann berada 'di luar' radar Gould. Kalaupun ada karya Mozart Sonata yang terekam, sifatnya lebih profokatif. Schoenberg, Beethoven, Brahms dan Gibbons semua menerima jejak Gouldian, tetapi Bach tetap berada di pusat alam semestanya, dengan rekaman Goldberg kedua sebelum kematiannya yang terlalu dini pada tahun 1982.

 


6. SVIATOSLAV RICHTER

Salah satu dari sekian banyak pianis hebat yang memperebutkan gelar pianis terbaik abad ke-20, Richter adalah bagian dari segelintir pianis hebat Rusia yang muncul pada pertengahan abad ke-20. Dia sudah memiliki reputasi yang luar biasa, sangat fenomenal, dan salah satu yang paling signifikan dalam dunia piano.

 

Richter percaya bahwa seorang pianis profesional harus mempelajari komposer dan memastikan mereka tampil persis seperti yang dimaksudkan. Dia percaya bahwa pianis harus mempelajari karya dengan baik dan mereproduksinya tanpa perubahan. Sulit untuk mengkarakterisasi permainannya, karena ia membenamkan dirinya begitu dalam ke dalam musik sehingga terkadang kita seolah-olah mendengar sang komposer secara langsung. Itulah yang terjadi pada Bach, Handel, Schubert, Schumann, Debussy, Liszt dan komposer Rusia; dia lebih istimewa di Mozart, Beethoven dan Brahms.

 

Meskipun Richter adalah seorang pianis yang sangat hebat, ia lebih suka menampilkan karyanya secara langsung dan anti sosial, dia tidak suka menjadi pusat perhatian. Ia tidak tertarik pada rekaman studio, karena dia sangat perfeksionis. Pada tahun-tahun terakhirnya ia lebih suka bermain di gudang lumbung di Perancis – tempat favoritnya, daripada panggung dunia.

 

Komposer favoritnya adalah Wagner, yang tidak menulis musik piano yang signifikan. Richter mungkin adalah pianis yang paling hebat dan paling komplit secara repertoar, meskipun demikian ia membenci 'kompletisme' dan tidak pernah menampilkan, misalnya, Piano Concert No. 1, No. 2, Beethoven Sonata No. 1, No.2, atau beberapa Prelude  dan Etude Chopin.

 

Universitas Oxford memuji dia sebagai "A Doctor Of Music," Dia memenangkan Grammy pada tahun 1960 untuk 'Best Classical Performance,' The Stalin Prize pada tahun 1950, dan The Lenin Prize pada tahun 1961.

 


7. ALFRED BRENDEL

"Jika saya termasuk dalam sebuah tradisi, itu adalah tradisi yang membuat karya agung memberi tahu si penampil apa yang harus dia lakukan dan bukan si penampil yang memberi tahu karya itu seperti apa seharusnya." – Alfred Brendel.

 

Menurut Brendel setiap pianis harus menghormati komposer dan mengikuti arahan yang diinginkan oleh komposer dengan tepat – selayaknya bagaimana mereka ingin karya mereka didengar.

 

Brendel dianggap sebagai salah satu pianis yang paling terkemuka di abad ke-20 di dunia Musik Klasik. Namun tidak seperti kebanyakan musisi, Brendel tidak berasal dari latar belakang musik atau seni. Brendel mencatat bahwa tidak satu pun dari orang tuanya adalah musisi dan musik tidak memainkan peran penting di rumah masa kecilnya. Brendel belajar secara otodidak dan mempelajari kecintaannya pada piano sejak usia dini. 

 

Pada usia enam tahun, Brendel menerima pelajaran piano pertamanya dari Sofia Dezelic. Kemudian Brendel belajar di The Graz Conservatory, Austria di bawah Ludovika von Kaan. Setelah itu Brendel memulai jalur otodidak seumur hidup yang berpusat di sekitar 'mencari tahu sendiri' dengan mendengarkan pianis, konduktor, dan penyanyi lain.

 

Brendel tidak mengalami kenaikan ketenaran dan kekayaan yang menggemparkan. Karirnya sebagai seorang pianis berkembang dengan keanggunan. Diskografi yang telah disusun Brendel selama masa karirnya sangat luar biasa, berkisar dari Bach, Mozart, Beethoven, SchubertSchumann, Liszt, Brahms, dan Haydnhingga Schoenberg. Brendel dianggap sebagai salah satu penafsir terbaik dari karya-karya Schubert.

 

Pembuatan musiknya menyeimbangkan ketelitian intelektual dengan puisi yang hebat. Dia dikenal karena interpretasinya yang indah tentang Haydn, Mozart, Beethoven, Schubert, Brahms, dan Liszt. Alfred Brendel dianggap sebagai salah satu pianis yang hebat. Dia bermain di berbagai konser sepanjang karirnya dan menjadi terkenal karena kedinginan interpretatifnya dalam menciptakan kembali karya-karya ini.



8. ARTHUR RUBINSTEIN

Piano Amerika Polandia ini sering disebut-sebut sebagai pemain Chopin terbaik sepanjang masa. Dia memiliki nada yang sempurna pada usia dua tahun, belajar di Warsaw Conservatory pada umur delapan, dan memulai debutnya dengan Berlin Philharmonic ketika dia baru berusia 13 tahun. Dia diajar oleh seorang pianis bernama Karl Heinrich Barth, yang pernah menjadi murid Franz Liszt, yang membuatnya menjadi bagian dari tradisi pianistik yang tangguh.

 

Jika ada penghargaan untuk pianis dengan repertoar terluas, mungkin akan diberikan kepada Rubinstein. Apakah bermain Fauré atau Brahms, Albéniz atau Beethoven, Ravel atau Schubert, hasilnya sangat bagus. Namun dia paling terkenal karena Chopin-nya yang menggetarkan jiwa dan elegan.


 

9. KRYSTIAN ZIMERMAN

Krystian Zimerman adalah seorang pianis dan konduktor Polandia yang terkenal karena membawakan musik Chopin dengan penuh semangat. Dia mulai belajar piano pada usia lima tahun dan pertama kali diajar oleh ayahnya.

 

Pada tahun 1973, ia memenangkan penghargaan tertinggi pertama di Kompetisi Piano Internasional Ludwig Van Beethoven di Hradec Kralove. Dua tahun kemudian, pada tahun 1975, ia memenangkan Kompetisi Piano Internasional Fryderyk Chopin pada usia 18 tahun yang memicu karir internasionalnya. Dia diundang ke Paris pada tahun 1976 oleh Artur Rubinstein.

 

'Zimerman adalah model virtuoso modern. Tujuan utamanya adalah proyeksi karakter yang jelas. Keahlian teknisnya yang luar biasa dan kemampuannya untuk menggerakkan penonton dengan permainan dan orkestrasinya meninggalkan kontribusinya pada musik dan piano merupakan keunggulan dari Zimerman. Ia mempertahankan ketenangan dan kejelasan teknis yang mutlak. 

 

Kemurnian dalam segala hal adalah semboyan Zimerman. Permainannya memadukan keanggunan aristokrat dengan kecerdikan kontemporer. Jari-jarinya secara ajaib rata, bentuk tangan yang siap setiap saat, dan kemampuan sulap untuk membuat yang transendental tampak mulus. Pada tahun 1999, Zimerman menciptakan Orkestra Festival Polandia yang meraih kesuksesan besar dengan tur besar merayakan musik Chopin untuk merayakan peringatan 150 tahun kematian sang komposer.



10. VLADIMIR ASHKENAZY

Ashkenazy adalah salah satu pianis dunia yang luar biasa. Lahir di Rusia, dia sekarang memegang kewarganegaraan Islandia dan Swiss dan masih tampil sebagai pianis dan konduktor di seluruh dunia. Ia memenangkan berbagai kompetisi piano, termasuk Kompetisi Musik Ratu Elisabeth di Belgia pada tahun 1956. Pada tahun 1962 ia adalah pemenang bersama Kompetisi Tchaikovsky Internasional dan tahun berikutnya ia meninggalkan Uni Soviet untuk tinggal di London kemudian pindah ke Islandia, negara asal istrinya. 

 

Katalog rekamannya yang luas mencakup karya piano lengkap Rachmaninov dan Chopin, sonata lengkap Beethoven, konserto piano Mozart, serta karya Scriabin, Prokofiev, dan Brahms. Dia bekerja dengan semua nama besar abad ke-20 termasuk konduktor Georg Solti, Zubin Mehta dan Bernard Haitink, serta memenangkan 6 penghargaan Grammy antara tahun 1974 dan 2000.